Festival Bantik Sukses Digelar

    Manado, Komunikasulut.Com – Festival Bantik dan peringatan wafatnya Pahlawan Nasional, Robert Wolter”Bote” Mongisidi, Senin, sukses digelar di Lapangan Bantik, Malalayang.

    Acara yang diikuti oleh 11 Kampung Bantik di Sulawesi Utara tersebut, dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey bersama unsur Muspida, tokoh masyarakat, agama serta masyarakat umum, tersebut diisi dengan berbagai atraksi oleh masyarakat anak suku Bantik seperti Mahamba.

    Salah satu pertunjukan yang menarik perhatian warga maupun wisatawan yang menghadiri pertunjukan tersebut adalah tarian Upasa Bantik karena mempertontonkan ilmu kebal tubuh, kemudian Kampung Bantik Bengkol gaya baru dan juga tarian dana-dana dari Bantik Tanamon

    Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, dalam sambutannya memberi apresiasi kepada mereka yang tetap melestarian adat seni budaya Bantik dan memuji kerukunan hidup mereka.

    “Acara seperti ini sungguh baik dan diharapkan bisa terus berjalan, karena tetap mempertahankan budaya suku Bantik yang terkenal dengan mottonya Hingirildang Hintakinang Hintarlunang yang artinya saling Mengasihi saling saling tolong menolong satu dengan yang lain,” katanya memuji sikap para anak suku Bantik.

    Sementara Ketua Panitia, Reino Bangkang menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia acara Festival seni budaya tahun ini, karena acara berlangsung sukses.

    “Terima kasih untuk bantuan dan dukungan kepada kami harapan kedepan Festival seni budaya Bantik, bisa menjadi aset pariwisata Manado bahkan Sulut dalam dalam Menunjang Kunjungan Wisatawan di bumi nyiur melambai,” katanya. (Vil)