Manado, (KomunikaSulut.com) – Pemerintah kota (Pemkot) Manado, menyerahkan empat terminal miliknya ke pusat dan provinsi.

“Terminal yang diserahkan dua kepada Kementerian Perhubungan RI adalah tipe A yakni Malalayang dan Liwas, kemudian tipe B juga dua kepada provinsi adalah Paal Dua dan Karombasan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Manado, Frans Koagouw, di Manado, Selasa.

Koagouw mengatakan, penyerahan kembali terminal kepada Kementerian Perhubungan dan provinsi tersebut telah dilakukan bulan ini, setelah berita acara penandatangan penyerahan dilakukan.

“Kami tidak lagi punya kewenangan mengatur terminal, meskipun berada di wilayah Kota Manado, sebab sudah menjadi kewenangan pusat dan provinsi,” katanya.

Dia mengatakan meskipun sudah tidak lagi menjadi kewenangan pemerintah kota, tetapi pihaknya tetap membantu pemerintah pusat dalam hal ini kementerian untuk mengatur terminal.

Dia mengatakan, penyerahan terminal kembali terminal sudah diatur dengan tegas dalam aturan lalulintas terbaru, sehingga suka tidak suka pihaknya harus mematuhi aturan tersebut.

Dengan demikian menurut Koagouw, maka kepala terminal juga dijabat oleh orang-orang dari pusat maupun provinsi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(DIMS)