KNPI Sulut Adakan Diskusi Kepemudaan Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Manado, KomunikasiSulut.Com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Utara (Sulut), menggelar acara Silaturahmi Daerah Pemuda Sulawesi Utara dan Diskusi Kepemudaan, dengan bertemakan “Pancasila Sakti, Pemuda Bekerja, Bela Negara Itu Hebat”. Bertempat di Graha Gubernuran Sulut, Kelurahan Bumi Beringin, Kecamatan Wanea, pada Sabtu sore (1/10/2016).

 

knpi-dialog-kepemudaan-9_rian

Diskusi dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Manado (Kadispora) Drs. Mecky Onibala, M.Si, Senior-senior KNPI, Ketua DPD KNPI se-Kab/Kota Sulut, organisasi/instansi yang berbasis kepemudaan, yang diantaranya adalah GAMKI, Tagana Manado, Timou Unsrat, Unpi, Sma Negeri 1 Manado, SMA Eben Haezer sebagai pengisi acara Vocal Group, dan undangan lainnya.

Hadir juga sebagai panelis, yaitu Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Sulut, Jackson A.W Kumaat, Guru Besar Universitas Pertahanan, Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc, M.A, Ph.D, dan Kepala Staf Khusus Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI Desi Albert Mamahit M.Sc.

Membawakan materi mengenai Pancasila Sakti, Purnomo menyimpulkan, ”Pancasila Sakti sebagai Dasar Negara Indonesia dan sebagai salah satu dari 4 Pilar Berbangsa Dan Bernegara, haruslah dipahami betul oleh para pemuda-pemudi di Indonesia, agar tidak gampang diberikan doktrin-doktrin yang salah dari oknum-oknum yang ingin mengacaukan generasi Bangsa Indonesia,” ujarnya.

knpi-dialog-kepemudaan-1_rian

Sementara itu, Mamahit memaparkan tentang Bela Negara yang sering salah dipersepsikan oleh masyarakat di Indonesia.

“Pengertian Bela Negara tidak serta merta selalu merujuk pada kegiatan wajib Militer, tetapi bisa secara non-fisik, dengan kita tetap mempertahankan dan melestarikan budaya asli Indonesia agar tidak direbut oleh pihak lain. Melalui masing-masing bidang ilmu yang kita tekuni, seperti Bidang Politik, Bidang Ekonomi, Bidang Kebudayaan dan sebagainya, kita bisa memiliki kemampuan membela negara,” ungkapnya.

knpi-dialog-kepemudaan-5_rian

Menutup pembahasan materi dari ketiga Panelis, Jackson Kumaat selaku Ketua KNPI Sulut  mengatakan, “Kami pemuda-pemudi KNPI Sulut, siap bekerja untuk mengambil bagian dalam mengaktualisasikan Pancasila Sakti dan Bela Negara dengan baik dan benar,” tandasnya.

Susunan acara dari kegiatan yang diselenggarakan oleh KNPI Sulut, dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, meliputi, sambutan oleh Kadispora, Drs. Mecky Onibala, M.Si, setelah itu pembahasan materi oleh ke-3 panelis, sesudahnya sesi diskusi dibuka oleh Paul Kawatu selaku Moderator, dan pada akhirnya acara ditutup dengan ramah tamah. (KSM4)