Pemkot Manado Tambah Anggaran Perbaiki Tempat Wisata

Manado,(KomunikaSulut.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, menyatakan, akan menambah anggaran dalam perubahan APBD 2016, untuk meningkatkan dan memperbaiki berbagai infrastruktur dalam rangka mendukung program pemerintah provinsi mendatangkan satu juta wisatawan.

“Anggaran yang ditambah sekitar dua miliar rupiah untuk memperbaiki berbagai sarana serta menyelesaikan pembangunan yang sudah dilaksanakan, sehingga bisa dijadikan sebagai lokasi wisata yang baru,” kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Senin.17/10

Vicky mengatakan, dengan memperbaiki berbagai sarana dan prasarana pariwisata, diharapkan bisa mendukung target satu juta turis sampai Desember nanti yang ditetapkan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Vicky mengatakan, salah satu lokasi wisata yang diperbaiki adalah kawasan Mapanget yang diharapkan dapat menjadi alternatif lokasi kunjungan, sebab tidak mungkin hanya mengandalkan Bunaken saja. Selain itu perbaikan lainnya antara lain bidang kesehatan, fasilitas umum sampai kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai pendukung utama program tersebut.

Dia mengatakan, dalam bidang kesehatan infratruktur yang terus dibenahi adalah rumah sakit, tenaga medis, sampai layanan cepat seperti nomor telepon bebas pulsa dan lainnya, sedangkan fasilitas umum yang diperbaiki antara lain, toilet sampai ke jalan dan penanganan kemacetan.

“Infrastuktur lainnya yang dibenahi adalah lokasi perbaikan lokasi wisata sampai penataan taman-taman kota dan jalan yang rusak mendapatkan sentuhan perbaikan,” katanya.

Selain itu, katanya, peningkatkan kualitas SDM pun penting dilakukan terutama meningkatkan kemampuan berbahasa masyarakat agar bisa melayani tamu dengan benar.

Dengan demikian kata Vicky, maka wisatawan yang mengunjungi Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya akan merasa aman dan betah berlama-lama untuk menghabiskan waktunya berada di bumi nyiur melambai.(DIMS)