Dubes-Konjen Amerika Berikan Kuliah Umum di Unsrat

Manado, (Komunikasulut.com) – Pelaksana tugas Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian McFeeters, bersama Konjen Amerika Surabaya, Heather Variava, berikan kuliah umum, kepada mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen Fakultas Hukum Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado, Rabu (2/11/2016)

Dalam kuliah umum tersebut, McFeeters menjelaskan mengenai sistem “electoral college” yang berlaku di Amerika Serikat, termasuk pelaksanaan pemilihan umum 8 November nanti.

“Pada 8 November nanti, bukan hanya ada pemilihan presiden saja, tetapi ada juga untuk senator dan “house of representative” yang harus dipilih warga Amerika,” katanya.

dubes

Dia menjelaskan, dengan sistem tersebut, seorang kandidat presiden, tidak harus memenangkan suara mayoritas pemilih, tetapi
harus memenangkan “electoral college” yang memiliki seluruh “electoral vote” agar bisa menang di satu negara bagian.

Dia pun menjelaskan, bahwa dia Amerika bukan hanya ada dua partai politik saja, yakni demokrat dan republik, tetapi ada juga yang lain seperti liberty party dan green party, namun yang menonjol adalah keduanya tadi, sebab jika mau menjadi presiden kemungkinan terbesar hanya ada di kedua partai besar tersebut.

Dalam kuliah umum tersebut, para peserta memberikan banyak pertanyaan seputar pemilihan umum dan isu-isu hangat di Amerika, termasuk soal aturan dalam debat calon sampai masalah hak asasi manusia di Papua terkait Free Port. (DIMS)