UMK Manado Ditetapkan Lebih Tinggi Dari UMP

Manado, 10/11 (Komunikasulut.com) – Upah minimum kota (UMK) Manado 2017, ditetapkan sebesar Rp2.650.000 oleh wali kota Manado, Vicky Lumentut.

Penetapan UMK tersebut, dilakukan setelah dewan pengupahan kota melakukan pembahasan selama sepekan, dengan mengacu pada UMP Sulawesi Utara 2017 sebesar Rp2.598.000.

“UMK Manado ditetapkan lebih tinggi dari UMP, setelah mendengar dan mempertimbangkan semua masukan dari para pemangku kepentingan dalam hal ini, perwakilan serikat pekerja, asosiasi pengusaha, akademisi dan pemerintah yang berasal dari beberapa SKPD,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Manado, Atto Bulo, di Manado, Kamis.

Bulo mengatakan, dengan penetapan tersebut, berarti UMK Manado lebih tinggi Rp52 ribu dari UMP, meski demikian akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, sebelum diberlakukan di Manado.

Selain itu, kata Bulo, Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, sudah mengingatkan agar penetapan UMK tersebut jangan sampai berdampak negatif terhadap kondisi ketenagakerjaan seperti masuknya gelombang tenaga kerja dari luar dan terjadinya PHK sepihak dari pengusaha dengan alasan untuk tetap mendapatkan profit. (DIMS)