Universitas Sam Ratulangi Manado Kukuhkan 1.121 Wisudawan Berkualitas

Manado, KomunikaSulut.Com – Unsrat gelar Sidang Senat Terbuka dengan Acara Pengukuhan Wisudawan Periode ll, Tahun Akademik 2016-2017, yang bertempat di Grand Kawanua Convention Center, Kamis (17/11/2016).

Dihadiri oleh seluruh Anggota Senat Unsrat dari masing-masing Fakultas, segenap rangkaian acara dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, selaku Rektor Unsrat Manado.

15032076_1622464374722428_3218305237204281907_n
Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, saat membawakan sambutan.

Dalam sambutannya, Rektor memberikan gambaran tentang 4 Pilar Pendidikan dari Unesco (To Know, To Do, To Be, To Live Together) yang akan di jalani oleh para Wisudawan.

“Jika selama berada di perguruan tinggi kalian di bekali dengan ilmu pengetahuan (To Know) dan keterampilan (To Do), yang melahirkan perubahan paradigma dan perilaku ke arah yang lebih baik (To Be), maka sekarang saatnya kalian untuk menghidupkan semua itu dalam ruang lingkup yang lebih besar, yaitu untuk memajukan masyarakat dan bangsa (To Live Together),” ujarnya.

Rektor juga mengatakan, “Wisuda bukan akhir dari perjuangan, justru menjadi awal dari karya nyata yang akan kalian jalani. Beranilah berpikir Outside The Box, buat berbagai terobosan baru dan milikilah semangat dan jiwa enterpreneurship atau wirausaha. Dan kiranya terus mengembangkan diri dan jangan cepat puas hanya pada satu tahap, tetapi lakukanlah secara terus menerus, karena yang menjadi taruhannya bagi kalian adalah ketinggalan kereta atau kalah bersaing,” tambahnya.

Dalam acara Wisuda Periode ll Tahun Akademik 2016-2017, Unsrat mengukuhkan 1.121 wisudawan dari ke-11 Fakultas Unsrat dan Pasca Sarjana Unsrat, dengan program Doktor, Magister, PPDsp1, Profesi dan Sarjana.

Novena Sumampouw, S.E, yang merupakan wisudawan Cum Laude Strata 1 Jurusan International Business Administration (IBA) FEB Unsrat, mewakili para wisudawan mengatakan, “Kiranya kita semua para wisudawan-wisudawan bisa menjadi orang yang berguna bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk masyarakat luas, dan bisa membanggakan almamater kita, yaitu Universitas Sam Ratulangi Manado,” ucapnya.

Segenap rangkaian acara, yaitu Sambutan Rektor Unsrat, Sambutan Gubernur Sulut yang diwakili oleh Kadis Diknas Provinsi Sulut, Gemmy Kawatu, S.E, M.Si. Dilanjutkan dengan Pembukaan Sidang Terbuka Senat Unsrat yang beracarakan pengukuhan Wisudawan Periode ll Tahun Akademik 2016-2017, selanjutnnya prosesi penyerahan Ijazah oleh masing-masing Dekan Fakultas Unsrat kepada para wisudawan, lalu masuk pada penyerahan Surat Keputusan Alumni kepada para wisudawan dari masing-masing anggota Senat perwakilan Program Wisuda, seteleah itu penutupan Sidang Terbuka Senat Unsrat oleh Prof. Dr. Ir. Janny Dirk Kusen, M.Sc, selaku Ketua Senat Unsrat, dan diakhiri dengan ramah tamah.

Acara Wisuda dimulai pukul 08.30 WITA, dan berakhir pada pukul 11.00 WITA. (rezkykumaat)