PMI Gelar Donor Darah Berbasis Sekolah

Manado, 18/11 (KomunikaSulut.com) – Organisasi kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Utara (Sulut), yang diketuai Wagub, Drs Steven Kandouw, mengelar donor darah berbasis sekolah.

“Kami turun sampai ke sekolah-sekolah mendorong menggelar donor darah, dengan tujuan utama mengajak para siswa untuk aktif dalam kegiatan kemanusiaan,” kata Wakil ketua PMI Sulut, dr Enrico Rawung, MARS, bersama Ketua Tim khusus Kegiatan Donor Darah PMI Sulut, Annie Dondokambey, SH, MH, di Manado, Jumat.

Rawung mengatakan hasilnya cukup baik, karena ada siswa yang sudah berani menjadi donor, dan dalam kegiatan pertama di SMA Negeri IV Manado, ada 15 siswa yang menjadi donor darah perdana, dan diharapkan bisa memotivasi anak-anak di sekolah yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Dia mengatakan, kegiatan donor darah berbasis sekolah tersebut, akan terus dilakukan, untuk membuat siswa menyadari bahwa donor darah itu mulia dan menyehatkan.

Rawung mengatakan, sambil menggelar donor darah, pihaknya juga menyampaikan pesan-pesan kemanusiaan sambil menjelaskan dari sisi medis tentang keuntungan menjadi donor darah dan serta sisi kemanusiaan.

“Dengan kegiatan ini kami terus mengajak dan mendorong para siswa sebagai generasi muda untuk peduli kepada sesama, bahkan setetes darah mereka sangat berarti bagi manusia,” katanya.

Selain itu, katanya PMI Sulut juga mengajak para siswa untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup sehingga termotivasi untuk melakukan hal-hal yang berguna bagi kemanusiaan.

Dia mengatakan, kegiatan donor darah tersebut dilakukan dari satu sekolah ke lembaga pendidikan lainnya, selain juga mengajak pihak swasta seperti dunia usaha ikut berpartisipasi. (Dims)