Bitung Jadi Benteng Terdepan Potensi Kelautan

Bitung, 29/11 (KomunikaSulut.com) – Kawasan pesisir merupakan benteng terdepan yang berfungsi melindungi kelanjutan fungsi pesisir dan kelautan di kota Bitung.

“Masyarakat pesisir yang hidup dan tinggal di dalam kawasan pesisir tidak bisa dipungkiri mereka memiliki rasa ketergantungan terhadap fungsi dan manfaat dari sumberdaya yang ada,” kata Walikota Bitung Maximiliaan jonas Lomban, di Bitung, Selasa.

Menurut Lomban, pemerintah Kota Bitung sangat peduli dengan masyarakat pesisir, karena Kota Vitung dikelilingi oleh lautan dan hampir 40 persen penduduk berada di kawasan pesisir.

Karena itu, kata Lomban, pemerintah kota Bitung memberikan kepedulian melalui program terhadap kawasan pesisir melalui program pengembangan kawasan pesisir tangguh (PKPT).

Ia mengatakan, program Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh yang telah berjalan hampir setahun di Kota Bitung ini sangatlah penting dalam menyiapkan masyarakat di lokasi program dalam menjaga ketangguhan terhadap perubahan iklim dan bencana.

Karena itu, ia meminta kepada Dinas Perikanan dan Kelautan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah, agar terus mengevaluasi program pengembangan pesisir tangguh, agar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat pesisir.

“Pemkot harus mengakomodir kebutuhan masyarakat pesisir dan ini sangat penting karena sejalan dengan program pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” ujar Lomban.

Lomban berharap, program ini dapat mensejahterahkan masyarakat pesisir Kota Bitung, ke depan karena mereka sangat tergantung kepada kondisi kelautan yang ada di wilayah Kota Bitung.(DIMS)