Mangindaan: Pancasila Sudah Final dan Mengikat Dalam Bernegara

Manado, KomunikaSulut.Com – Wakil Ketua MPR RI, E. E Mangindaan, SIP, melakukan sosialisasi empat pilar dalam kunjungan kerjanya di Daerah Pemilihan Sulawesi Utara yang diwakilinya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Warong Kobong, Pumorow, Manado, Rabu (7/12/2016).

Dalam sosialisasi tersebut, Mangindaan mengatakan bahwa secara yuridis ketatanegaraan, Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia sebagaimana terdapat pada Pembukaan UUD 1945 yang sifatnya sudah final dan mengikat.

“Pembukaan UUD 1945 merupakan hukum derajat tertinggi yang tidak dapat diubah secara hukum positif, maka Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bersifat final dan mengikat bagi seluruh penyelenggara negara dan seluruh warga negara Indonesia,” katanya.

Ia kembali menekankan tentang pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi negara sekaligus visi kebangsaan Indonesia, merupakan sumber berdemokrasi yang baik untuk saat ini dan masa depan karena lahir dari sejarah kebangsaan Indonesia.

“Pancasila sebagai dasar negara. Oleh karena itu, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus dipertahankan dan diaktualisasikan dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan,” pungkas Wakil Ketua MPR RI. (Mlq)