DPRD Manado Berkunjung ke Latvia dan Swedia

Manado, 27/12 (Komunikasulut.com) – Menjelang berakhirnya 2017, DPRD Kota Manado, masih melakukan agenda yang sudah dijadwalkan sejak awal tahun, yakni kunjungan kerja keluar negeri, dalam ini Latvia dan Swedia.

“Kami melakukan kunjungan ke kedua negara tersebut dipimpin Ketua Komisi B, Revani Parasan, memenuhi undangan pemerintah kedua negara,” kata Wakil Ketua Komisi A DPRD Manado, Robert Ronal Laoh-Tambuwun, SH, di Manado.

Obe, sapaan akrab politisi Partai Hanura tersebut, mengatakan, di Latvia mereka bertemu Valdis Tilgalis sebagai Perwakilan Negara Indonesia di Riga (Latvia) dengan jabatan sebagai Konsul Kehormatan Indonesia yang ikut mendampingi delegasi selama kunjungan di Riga.

“Disana kami melakukan kunjungan ke “Latvian Institute” sebagai instansi pemerintah yang bertanggungjawab melakukan keseluruhan kegiatan promosi dan humas negara Latvia, kemudian bertemu Aiva Rozenberga, direktur instansi dan mendengarkan pemaparan lengkap tentang cara mereka mengelola dan mempromosi potensi pariwisata dan kebudayaan serta strategi untuk mendorong perkembangan ekonomi Latvia dan menarik investasi asing,” katanya.

Dia mengatakan, merekapun mengunjungi museum seni nasional bertemu dengan Daiga Upeniece, Direktur Museum, untuk melihat koleksi seni lukisan dan benda purbakala milik negara Latvia termasuk lukisan dari pelukis Indonesia, Raden Saleh. Juga ditunjukkan sumbangan koleksi benda seni asal Indonesia yang sudah menjadi koleksi resmi museum, termasuk menandatangani MoU dengan kamar dagang Eropa, mengunjungi sejumlah lokasi dan bertemu pemerintah Latvia.

Dari Latvia, Obe mengatakan, mereka bertolak ke Swedia mengadaka pertemuan resmi dengan Duta Besar dan berkuasa penuh Indonesia untuk Swedia, Bagus Hapsoro, termasuk melaporkan hasil kunjungan di Latvia, dan membahas manfaat yang bisa didapat dari hubungan bilateral antara Kota Manado dengan Latvia dan Swedia.

“Khususnya untuk program pengelolahan manajemen sampah menjadi tenaga energi listrik (waste to energy) melalui proyek “City Project INSIST” yang sudah terbentuk antara DEN (Dewan Energi Nasional) dan SEA (Sweden Energy Agency), Pembahasan lainnya mengenai peran penting kunjungan studi banding dari DPRD Kota Manado yang dianggap sangat membantu dan diapresiasi oleh Dubes karena menjadi wujud nyata usaha peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Latvia,” katanya.

Rombongan Manado terdiri atas Revani, Stenly Tamo, Arhut Paat dan dia sendiri, didampingi Konsul Kehormatan Latvia di Indonesia, Ayub Yunus, selama di luar negeri. (Dims)