Warga Nantikan Perwakilan Sulut di PSSI 2016-2020

KomunikaSulut.Com – Susunan lengkap kepengurusan PSSI yang baru, segera diumumkan dengan digelarnya Kongres Tahunan PSSI, yang dijadwalkan berlangsung di Kota Bandung, Minggu, 8 Januari 2016. Kongres tahunan ini, menjadi agenda perdana PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum yang baru, Edi Rahmayadi.

Kegiatan ini bukan hanya menjadi perhatian publik sepakbola nasional, tetapi juga masyarakat pecinta sepakbola yang ada di Sulawesi Utara. Salah satunya, Onal Alweni, Warga Kampung Arab, Manado. Ia mengatakan, dalam Kongres Tahunan PSSI kali ini, ia berharap akan ada perwakilan dari Sulawesi Utara yang masuk dalam struktur kepengurusan PSSI kali ini.

“Saya berharap akan ada orang Sulawesi Utara di dalam pengurus PSSI yang baru ini. Karena hal itu akan menjadi kebanggaan juga bagi kami pecinta sepakbola di daerah Nyiur Melambai,” Kata Alweni.

Sementara itu, Ketua Umum Klub Persma 1960 Manado, Vecky Gandey, mengatakan bahwa ada 13 agenda penting yang menjadi fokus utama dari Kongres Tahunan PSSI. Salah satunya yaitu pengumuman susunan lengkap pengurus PSSI Tahun 2016-2020.

“Kongres Tahunan PSSI ini memiliki beberapa agenda penting yang tentunya bertujuan untuk kemajuan sepakbola tanah air kedepan. Mulai dari Rencana Kerja PSSI Tahun 2017 sampai pada pengumuman susunan pengurus PSSI 2016-2020,” katanya.

Ketika ditanya mengenai apakah ada perwakilan dari Indonesia Timur, khususnya Sulawesi Utara, yang masuk dalam kepengurusan kali ini, dirinya mengatakan mudah-mudahan ada yang terakomodir.

“Kita tunggu saja. Saya juga berharap ada perwakilan dari Sulawesi Utara yang masuk dalam kepengurusan kali ini. Lihat saja nanti. Mudah-mudahan akan ada kejutan,” pungkasnya.

Berikut ini merupakan Agenda Kongres Tahunan Pertama PSSI 2017, yaitu:
1. Roll call
2. Pernyataan Kongres Tahunan PSSI Tahun 2017 telah diadakan dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Statuta PSSI
3. Persetujuan terhadap agenda
4. Pidato Ketua Umum
5. Penunjukan Anggota untuk memeriksa berita acara
6. Penunjukan Anggota penghitungan suara
7. Persetujuan terhadap berita acara kongres sebelumnya
8. Penyampaian penyelesaian dan keputusan terhadap agenda yang tertunda dalam Kongres PSSI 10 November 2016:
a. Mengesahkan, memberhentikan sementara, atau memberhentikan anggota
b. Penerimaan/penolakan, terhadap permohonan 7 klub bermasalah
c. Pengampunan terhadap sanksi Perseorangan
d. Penyelesaian sengketa Asosiasi Pemain Sepak Bola
9. Paparan dan Pengesahan Program Kerja PSSI 2017
10. Paparan dan Pengesahan Rancangan Anggaran PSSI 2017
11. Pengesahan Auditor Independen
12. Pengesahan Personalia Badan Yudisial:
a. Komite Etika
b. Komisi Disiplin
c. Komisi Banding
13. Hal-hal yang diusulkan oleh Anggota atau Exco PSSI (RE)