Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Rusak Rumah Warga

Manado, 8/1 (Komunikasulut.com) – Manado dan sekitarnya, dilanda hujan deras dan angin kencang Minggu siang, sehingga mengakibatkan banyak pohon tumbang, bahkan merusak rumah warga.

“Hujan dan angin kencang merusak rumah warga di kecamatan Wanea, pohon tumbang di Sario depan PLN, depan kantor BPN, Gramedia, depan pos PJR, di Tuminting, Bunaken, dan Singkil, juga ada rumah warga di Molas yakni Keluarga  Musaling-Makadolang dan Paulinte Kalinggang di Tumumpa,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Manado, Maximilian Tatahede, di Manado, Minggu.

pohon-tumang-jln-samrat
Pohon jln samrat

Dia mengatakan, ada juga yang rusak parah di Bumi Nyiur, milik keluarga Makaenas-Aer di Bumi Nyiur, kemudian yang hancur karena tertimpa pohon adalah milik Keluarga Mananeke-Singal di Molas.

Dia Mengatakan, BPBD Bersama Dinas Sosial, rapi, Tagana, dan Orari Sudah melakukan koordinasi untuk membersihkan dan mengangkat batang-batang Pohon yang patah, dan para korban pohon tumbang sudah mendapatkan bantuan darurat bencana, dan diminta untuk mengungsi sementara di tempat yang aman.

Depan PLN
Pohon Depan PLN

Tatahede meminta untuk semua pihak yang terkait memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kondisi yang terjadi.

Dia mengatakan sejumlah jalur terpaksa dialihkan, karena terjadi longsor di beberapa jalan penghubung antar kota, seperti Manado-Tomohon.(Dims)