Ketua DPRD Manado Resmi Buka Sidang 2017

Manado, 12/1 (Komunikasulut.com) – Akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, resmi menutup masa sidang 2016 dan membuka masa sidang 2017.

“Penutupan dan pembukaan masa sidang, menandai dimulainya seluruh tugas-tugas para wakil rakyat pada tahun ini, seperti pengawasan, penyusunan peraturan daerah dan penganggaran,” kata Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone, di Manado, Kamis.

Van Bone mengatakan, seluruh tugas untuk masa sidang 2016 sudah berakhir, dan para wakil rakyat memulai berbagai agenda yang sudah ditetapkan oleh badan musyawarah untuk tahun ini.

Menurutnya, ada agenda yang tinggal melanjutkan dari 2016 seperti pembahasan berbagai rancangan peraturan daerah, ada juga yang baru ditetapkan untuk dilakukan tahun ini.

“Beberapa panitia khusus yang sudah ditetapkan dalam rapat paripurna akhir tahun lalu, sudah mulai melaksanakan tugasnya untuk membahas rancangan peraturan daerah,” katanya.

Salah satunya kata Van Bone, adalah rancangan peraturan daerah tentang pemekaran wilayah yang diketuai oleh Sonny Lela, yang memang sudah melakukan beberapa kali konsultasi ke kementerian dalam negeri terkait hal tersebut.

Kemudian agenda lainnya kata Van Bone, adalah konsultasi beberapa agenda pemerintah ke kementerian oleh alat kelengkapan dewan, baik komisi maupun badan di DPRD Manado.

“Tentu kami berharap dengan dimulainya masa sidang 2017, maka seluruh aspirasi masyarakat yang sudah masuk, bisa segera ditindaklanjuti, termasuk menggelar berbagai rapat dengar pendapat dengan eksekutif, termasuk pemangku kepentingan,” katanya.

Selain itu katanya, pengawasan terhadap kinerja pemerintah juga sudah berjalan, semenjak awal masuk kerja sehingga tidak ada kevakuman kerja di lembaga legislatif tersebut.(Dims)