Kontu : Camat Wajib Miliki Handphone Android

Erwin Kontu
Erwin Kontu

Manado, 12/1 (Komunikasulut.com) – Para seluruh Camat yang ada di kota Manado mendapat pelatihan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Manado, dalam rangka peluncuran program respon cepat atau qlue, Manado smart city.

“Para camat wajib memiliki handphone android, sehingga bisa dilatih untuk cara memasukan aplikasi qlue, standarisasi masuk ke dalam program, menayangkan laporan, memonitoring laporan, tindak lanjut penyelesaian, pemberitahuan penyelesaian laporan serta akses rekapitulasi laporan masuk,” kata Kepala Dinas Kominfo Manado, Erwin Kontu, di Manado, Kamis.

Kontu mengatakan pelatihan tersebut dipantau langsung oleh Wakil Wali Kota Manado, Mor Domninus Bastiaan, dimana para camat didampingi dua orang eksekutor laporan.

Dia mengatakan, program respon cepat atau qlue dalam Manado smart city tersebut, bertujuan untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, dengan meniadakan sekat yang selama ini sering muncul, yakni kekurangan dalam pelayanan publik.

“Dengan demikian semua keluhan warga kota dalam bentuk laporan masyarakat yang masuk segera ditindaklanjuti, dan hasilnya langsung terlihat apakah sudah dilaksanakan atau belum,” kata Kontu.

Kontu mengatakan, para camat yang dilatih diharapkan memahami betul apa tugas dan tanggungjawab mereka, sehingga saat program resmi diluncurkan akhir bulan ini, respon cepat langsung dilaksanakan aparat pemerintah sebagai bentuk layanan prima pada masyarakat.

Menurut Kontu dengan melaksanakan program tersebut, maka janji pemerintah untuk memberikan layanan cepat kepada warga masyarakat dapat segera berjalan, seperti keluhan tentang sampah, kemacetan, hingga bencana alam.

“Tentu saja kami berharap dengan program ini, berbagai kesulitan yang muncul di masyarakat sebagai akibat lambatnya respon bisa diperbaiki dan teratasi,” katanya. (Dims)