Pemkot Akan Bangun Pasar Baru Di 11 Kecamatan

Manado, 14/1 (Komunikasulut.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, merencanakan akan membangun pasar di 11 Kecamatan, supaya bisa melayani seluruh masyarakat Manado.

“Sekarang yang ada baru beberapa pasar tradisional dan satu sedang dibangun di Malalayang, sebagai pengganti dari Bahu yang akan dipindahkan,” kata Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan, di Manado, Jumat.

Bastiaan mengatakan, saat ini pasar tradisional di Manado adalah sebanyak enam unit, serta empat pasar kaget yang hanya muncul beberapa jam saja kemudian ditutup.

Karena itu, dia mengatakan, untuk target pembangunan pasar baru, pemerintah sudah merencanakan akan disesuaikan dengan kondisi jumlah penduduk, apakah tipe A, B atau C.

“Dengan membangun pasar dengan tipe berdasarkan kebutuhan, maka bisa juga juga mengurai masalah kemacetan di Manado, dimana masyarakat tidak usah berdesak-desakan ke pasar tradisional induk yakni Bersehati dan Pinansungkulan, meskipun ketergantungan tetap ada,” katanya.

Dia mengatakan, sekarang ini pemerintah sedang membangun pasar tradisional baru, termasuk memindahkan yang sudah lama, seperti Malalayang yang akan menggantikan posisi pasar Bahu dan juga di Mapanget yang juga direncanakan dibangun.

Apalagi menurutnya, jika memang pasar tersebut juga memiliki terminal di dekatnya, maka akan diupayakan untuk dibangun bersama, sehingga bisa membantu masyarakat bukan hanya menyediakan tempat berbelanja, tetapi juga bagaimana menyiapkan tempat untuk orang yang membutuhkan transportasi.

Bastiaan mengatakan, pemerintah sudah menargetkan untuk membangun pasar tradisional sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dalam sampai tiga tahun kedepan, sekaligus mengatur dan menata transportasi agar kemacetan teratasi.(Dims)