Perangkat Desa Minimal Harus Lulusan SMU

Kema,14/1 (Komunika Sulut.Com),- Hal ini disampaikan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setdakab Minahasa Utara, Jack Y R Paruntu saat memberikan materi pada pelatihan Peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa, perangkat Desa dan BPD yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kema III.

Menurutnya untuk mewujudkan pemerintahan desa yang berkapablitas, PemKab Minut telah mengeluarkan produk hukum yang telah mengatur tentang perangkat desa.

“Pemerintah Kabuputen bersama Dekab Minahasa Utara telah mengesahkan Perda tentang perangkat desa mengatur tingkat pendidikan perangkat minimal tamat SMU, jadi ini harus menjadi perhatian Hukum tua dalam mengangkat dan memberhentikan perangkat desa,” kata Paruntu, Namun menurutnya pelaksanaan Perda tersebut harus menunggu surat edaran.

“sekarang ini masih tahap sosiaslisasi perda, jadi masih ditolerir. Kalau sudah keluar surat edaran maka mau tak mau perda tersebut harus segera dilaksanakan,”tambah Paruntu. Selain mengenai tingkat pendidikan perangkat desa, Paruntu juga mengatakan bahwa dala perda tersebut juga memuat tentang perubahan struktur perangkat desa dan BPD.

Pada kesempatan yang sama, camat Kema Alpret Pusungalaa dalam sambutan pembukaan pelatihan mengatakan bahwa pada saat ini perhatian pemerintah dalam pembangunan lebih banyak tertuju pada pembangunan desa, untuk itu Pusungulaa berharap agar perangkat desa mampu bekerjasama membantu tugas-tugas pemerintahan desa.

“Saya berharap perangkat desa mampu menjalankan tugasnya membantu Hukum tua dalam melaksanakan pembangunan desa, Hari ini mungkin kita belum merasakan dampaknya, tapi mungkin anak cucu kita yang akan merasakan dampaknya.

Jadi sampai terjadi ada perangkat desa yang mencari-cari kesalahan Hukum tua dan melaporkannya seperti terjadi didesa yang lain, kata Pusungulaa didampingi istri tercinta Yenni Pusungulaa Diamanti.

Hadir kegiatan pelatihan ini Dinas Sosial PMD, Inspektorat Kabupaten Minahasa Utara, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa sebagai pemberi materi yang diikuti oleh seluruh Perangkat desa dan BPD Desa Kema III. (Thox)