Setiap Desa di Minut akan miliki produk Unggulan

Airmadidi, 20/1/17 (Komunika Sulut.com)- Untuk menunjang visi misi Bupati Vonnie Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong untuk menjadikan Minahasa Utara sebagai kabupaten Agribisni, industri dan pariwisata secara terpadu serta berkelanjutan, desa yang ada di Minahasa Utara diharapkan dapat menjadikan produk unggulan sebagai produk yang bisa dijual dan menjadi ikon Kabupaten.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Dr Ir Cakrawiria Gundo MSi kepada wartawan Komunika Sulut.com disela-sela kunjungan di Desa Tontalete kecamatan Kema.

“kami akan mendukung desa-desa untuk menciptakan produk unggulan desa yang bisa dipasarkan keluar daerah atau minimal menjadi souvenir bagi wisatawan yang berkunjung ke Minahasa Utara,” ujar Gundo.

Menurut Gundo selama ini wisatawan baik dari dalam dan luar negeri hanya berkunjung ke tempat wisata yang ada Minahasa namun tidak ada barang-barang ciri khas Minahasa Utara yang dibawa pulang sebagai oleh-oleh ketika berkunjung didaerah ini.

“Untuk itu kami berharap desa melalui BUMDes dapat menciptakan produk unggulan desa yang bisa menjadi ciri khas daerah ini dan dapat dipasarkan sebagai souvenir bagi wisatawan,” tambah Gundo.

Selain mampu menciptakan produk unggulan sebagai produk kebanggaan daerah, Gundo juga berharap agar desa melalui BUMDes mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat desanya serta desa mampu memiliki Pendapatan Asli Desa sehingga dapat menunjang pembangunan Desa. (Thox)