BPD Hipmi Sulut Gelar Diklatda, Guna Tingkatkan Daya Saing Dan Kualitas Pengusaha Muda Di Sulut

Manado, KomunikaSulut.Com – Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulut, menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Daerah (Diklatda), dengan beragendakan kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang ke-XII, Pendidikan Pelatihan Kader dan Pelantikan Pengurus Hipmi Perguruan Tinggi (PT), Jumat (20/1/2017). Bertempat di Hotel Sintesa Peninsula, Jln. Jendral Sudirman, Kel. Wenang, Manado.  

Ketua Bidang 10 Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi, Syafaat Perdana, dalam sambutannya mengajak para anggota Hipmi Sulut yang berlatar belakang seorang pengusaha, baik pengusaha pemula maupun seorang Real Enterpreneur untuk memanfaatkan momen ini, yaitu Pendidikan Pelatihan Kader, supaya dapat menambah wawasan, skill dan kualitas sebagai seorang pengusaha agar bisa bersaing dengan para pengusaha lokal maupun mancanegara.

“Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sekarang ini, janganlah dipandang sebagai sebuah ancaman. Tetapi, marilah kita fokus kedepan untuk terus meningkatkan skill dan kualitas kita untuk bersaing. Rakerda dan Pendidikan Pelatihan Kader yang diselenggarakan pada saat ini, bertujuan untuk meningkatkan daya saing tersebut, terlebih khusus agar bisa bersaing secara sehat,” ujarnya.

“Hipmi yang merupakan organisasi kader dan para anggotanya yang berlatar belakang seorang pengusaha, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi NKRI. Walaupun mereka yang datang dari luar negeri mempunyai modal yang sangat besar, namun kita sebagai tuan rumah jangan hanya menjadi penonton di rumah sendiri,” jelasnya.

“Oleh karena itu, setiap Kader Hipmi punya tanggung jawab sebagai agen perubahan untuk melakukan penguatan-penguatan daya saing, dalam bidang ekonomi di daerah masing-masing,” tandasnya.

Segenap rangkaian kegiatan acara, sebagai berikut:
– Sambutan Ketua Umum BPD Hipmu Sulu, Melisa Gerungan;
– Sambutan Ketua Panitia Diklatda Hipmi Sulut, Erick Kawatu;
– Sambutan Ketua Bidang 10 BPP Hipmi, Syafaat Perdana;
– Sambutan dan sekaligus membuka secara resmi segenap rangkaian kegiatan Diklatda
Hipmi Sulut oleh delegasi Pemerintah Provinsi Sulut, Frangky Manumpil selaku Kepala     Biro Ekonomi dan Sumber Daya Alam;
– Pelantikan Hipmi PT oleh Melisa Gerungan, yang terdiri dari 28 anggota mahasiswa-mahasiswi dari berbagai Universitas di Sulut, dengan diketuai oleh Marko Rampengan.
– Istirahat Makan Siang;
– Rakerda dengan bermaterikan:
1.Pleno 1: Pembahasan Rancangan Jadwal Acara dan Tata Tertib, Pemilihan dan                                Penetapan Pimpinan Musyawarah.
2.Pleno 2: Laporan Pelaksanaan Program BPD Hipmi Sulut.
3.Pleno 3: Pembagian/penetapan Komisi-Komisi, Sidang-Sidang Komisi: Komisi A                              (Organisasi), Komisi B (Program Umum Daerah), Komisi C (Pokok-Pokok                          Pikiran).
4.Pleno 4: Pengesahan Hasil Sidang Komisi.
– Segenap rangkaian kegiatan Diklatda Hipmi Sulut dilanjutkan pada Sabtu (21/1/2017);
– Pendidikan Pelatihan Kader oleh Kordinator Wilayah (Korwil) BPP Hipmi Indonesia Timur, Faisal Husain;
– Penyampaian Materi tentang Tax Amnesty oleh Ketua Tax Center BPP Hipmi, Ajib Hamdany;
– Istirahat Makan Siang;
– Penyampaian Materi tentang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh Kasubag Tata Usaha Balai Diklat Dinas Koperasi dan UMKM Sulut, Yudi Mandey;
– Segenap rangkaian kegiatan Diklatda Hipmi Sulut ditutup pada pukul 17.00 WITA, Sabtu (21/1/2017). 

Dalam Diklatda Hipmi Sulut, turut dihadiri oleh segenap Badan Pengurus Pusat (BPP), Badan Pengurus Daerah (BPD) dan Badan Pengurus Cabang (BPC) dari 15 Kabupaten Kota di Sulut. (rezkykumaat)