31 Januari pengumuman Calon Kepala Lingkungan

Rum Usulu (foto Dimas)
Rum Usulu (Foto Dimas)

Manado, 29/1 (Komunikasulut.com) – Calon kepala lingkungan Sebanyak 1.024 orang akan memperebutkan 504 jabatan kepala lingkungan (pala) di 87 kelurahan dan 11 kecamatan di Kota Manado.

“Para calon tersebut sudah dinyatakan lolos berkas tinggal menunggu hasil akhir yang akan diumumkan pada 31 Januari 2017 nanti,” kata Plt Sekretaris Daerah Kota Manado, Rum Usulu, di Manado, Minggu.

Usulu mengatakan, para calon pala tersebut nantinya akan memimpin 504 lingkungan yang ada di Manado, yang didaerah lain sering disebut RW, begitu hasil seleksi resmi diumumkan pada 31 Januari 2017.

Seleksi tersebut katanya dilakukan terbuka dan ada payung hukumnya, sebab para Pala tersebut, bekerja diberikan honor sesuai dengan UMP dimana anggarannya sudah ditata dalam APBD Manado setiap tahunnya, sehingga perekrutan juga dilakukan sesuai aturan.

Menurut Usulu, para calon pala tersebut sudah melewati sejumlah tes, dan memenuhi syarat administrasi yang antara lain, harus berpendidikan serendah-rendahnya SMA sederajat dan berusia minimal 30 tahun dan maksimal 60 tahun.

Mereka juga kata Usulu, harus berasal dari lingkungan dimana mereka berada untuk melamar posisi tersebut jangan dari wilayah lain, karena sebagai pala harus memahami karakteristik warga yang ada di tempatnya.

Salah satu calon pala dari Kecamatan Bunaken, Josis Makasenda, mengatakan menjadi kepala lingkungan baginya adalah sebuah kehormatan, karena itu ia kembali melamar posisi tersebut setelah setahun lamanya menjabat di lingkungan III Tongkaina.

“Saya berharap masih diberikan kesempatan untuk menjadi pala kembali, supaya bisa melaksanakan tugas sebagai kepanjangan tangan pemerintah kota untuk melayani masyarakat,” katanya.(Dims)