Program Keluarga Harapan 2016 Ketambahan 757,54 Juta

Manado, 31/1 (Komunikasulut.com) – Penyaluran dana bantuan program keluarga harapan (PKH) oleh pemerintah Kota (Pemkot) Manado, mendapat tambahan anggaran untuk tahun 2016 sebesar Rp757.549.592 ATAU Rp757,54 juta.

“Dana tersebut akan disalurkan kepada 2.884 rumah tangga yang memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado, Jein Barantian, di Manado, Senin.

Barantian mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan tambahan untuk tahun 2016, sedangkan untuk 2017 sedang dalam validasi data kembali.

Penyerahannya kata Barantian, mulai dilakukan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan, akhir pekan lalu kepada RTS di wilayah Kecamatan Wanea.

“Data penerima itu, tidak selalu sama, karena kriteria penerima kan berbeda, ada yang ibu hamil, masa nifas, anak sekolah dan lainya, jadi jika sudah tidak lagi hamil dan bukan dalam masa nifas atau anak sudah selesai sekolah, bisa jadi tidak lagi menerima bantuan,” katanya.

Secara keseluruhan, kata Barantian, untuk triwulan I, II dan III, dana PKH sudah tersalurkan sebesar Rp1.118.775.000, dimana penerimanya juga memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Para penerima terutama ibu-ibu diingatkan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan, untuk membelanjakannya bagi keperluan yang berguna, sehingga dapat bermanfaat untuk meringankan beban hidup keluarga,” katanya.

Untuk itu, katanya maka para penerima mendapatkan pendampingan dari para pendamping sehingga bisa membantu dan mengarahkan memanfaatkan bantuan dengan maksimal, termasuk melakukan pendataan terhadap para RTS penerima manfaat. (DIMS)