Wali Kota: Pers Harus Independen-Objektif-Berintegritas

Manado, 9/2 (Komunikasulut.com) – Wali Kota Manado, mengingatkan pekerja pers untuk melakukan tugasnya dengan objektif, independen dan berintegritas, dalam peringatan hari pers nasional (HPN) 2017.

“Pers memiliki peran strategis dalam fungsinya sebagai media informasi, pendidikan hiburan dan kontrol sosial yang independen dan objektif,” kata Lumentut.

Sebab itu katanya, maka seluruh insan pers harus senantiasa melaksanakan azas, fungsi, hak, kewajiban dan peranan dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan pers yang profesional sehingga bisa menyajikan informasi yang akurat.

Menurut Lumentut, pers baik cetak, elektronik maupun digital, adalah sarana wahana komunikasi massa yang berperan penting dalam menciptakan iklim yang kondusif dalam masyarakat dan pembangunan.

Sebab itu, dia mengatakan, organisasi pers harus mampu menghadirkan insan pers yang memiliki kompetensi dan kapabilitas serta memegang teguh etika profesi ketika melakukan tugas-tugas jurnalistik.

“Dalam mencari menulis dan menyuguhkan berita kepada khalayak, haruslah yang aktual dan berimbang, dan bisa terus menjadi mitra pemerintah sekaligus melaksanakan fungsi kontrol pemerintah sosial, untuk kemajuan Indonesia kedepan,” katanya.(Dims)