Unsrat Tuan Rumah Kompetisi Nasional NMCC Piala MA XX 2017

Manado, KomunikaSulut.Com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menjadi tuan rumah National Moot Court Competition (NMCC) Piala Mahkamah Agung (MA) XX 2017, yang diselenggarakan oleh Asean Law Student Association Local Chapter (ALSA LC) Fakultas Hukum Unsrat, dan akan berlangsung  selama tiga hari berturut-turut, sejak Jumat (10/2/2017) sampai Minggu (12/2/2017).

Sejak lahirnya NMCC pada tahun 1998, baru pertama kali inilah Unsrat Manado menjadi tuan rumah ajang Kompetisi Peradilan Semu tertua di Indonesia ini.

National Moot Court Competition merupakan suatu Kompetisi yang diadakan oleh suatu instansi hukum, baik instansi pemerintahan, perguruan tinggi hukum, maupun sekelompok mahasiswa Fakultas Hukum. Dengan para peserta yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum maupun Sekolah Tinggi Ilmu Hukum yang diundang. Setiap peserta akan membedah kasus suatu posisi (Majelis Hakim, Penuntut Umum, Penasehat Hukum, Panitera) yang merupakan bagian dan unsur di dalam Perangkat Peradilan yang diberikan oleh Panitia, menuangkannya dalam suatu pemberkasan, dan mensimulasikannya dalam suatu bentuk hukum acara persidangan.

Azman Rishad, President Alsa National Chapter, saat diwawancarai KomunikaSulut, mengharapkan dengan diadakannya Kompetisi Peradilan Semu Nasional ke-20 di Unsrat Manado, para peserta yang ikut serta bisa lebih memahami lagi tentang bagaimana proses peradilan yang baik dan benar.

“NMCC ditujukan untuk memberikan contoh tentang peradilan yang baik dan benar, juga untuk memberikan kesadaran hukum kepada para mahasiswa Fakultas Hukum sendiri. Sehingga, kedepannya bisa menghasilkan kader-kader penegak hukum yang bagus,” ucap Azman.

Selain itu, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsrat, Prof. Dr. Ir. Hengki Johannis Kiroh, M.S, dalam sambutannya mewakili Prof. Dr. Ir Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, sangat menyambut baik penyelenggaraan Kompetisi Nasional NMCC Piala MA XX yang akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut di Unsrat.

“Kompetisi seperti ini sangat baik dan bermanfaat bagi para mahasiswa guna untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mempraktekan konsep dan teori dalam hukum acara. Sehingga, pada saat nanti mereka berkarir sebagai seorang penegak hukum di dunia peradilan, mereka mampu menjalankan fungsinya dengan benar,” ujar Kiroh.

NMCC Piala MA XX 2017, diikuti oleh 14 Universitas bergengsi yang ada di Indonesia, sebagai berikut:
1. Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan.
2. Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
3. Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.
4. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah.
5. Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.
6. Universitas Gadjah Mada, Depok, Daerah Istimewah Yogyakarta.
7. Universitas Airlangga, Surabaya,Jawa Timur.
8. Universitas Jember, Jember, Jawa Timur.
9. Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.
10. Universitas Udayana, Bali, Denpasar.
11. Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
12. Universitas Tarumanegara, DKI Jakarta, Jakarta Barat.
13. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
14. Universitas Syah Kuala, Aceh, Sumatera Utara.

Selain 14 Universitas yang berkompetisi, ada juga Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat yang ikut sebagai observer.

Segenap rangkaian kegiatan NMCC Piala MA XX 2017, telah resmi dibuka oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili oleh Glady Kawatu, S.H, M.Si, selaku Kepala Biro Hukum Pemprov Sulut, pada pukul 17.00 WITA, Jumat (10/2/2017). (rezkykumaat)