Closing Ceremony NMCC Piala MA XX 2017, UNAIR Pulang Sebagai Juara

Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, merayakan kemenangan sebagai Juara 1 Umum NMCC Piala MA XX 2017.

Manado, KomunikaSulut.Com – Setelah tiga hari penyelenggaraan National Moot Court Competition (NMCC) Piala Mahkamah Agung (MA) XX 2017 di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, akhirnya perhelatan kompetisi akbar bagi para mahasiswa Fakultas Hukum ini resmi ditutup dengan penuh kemeriahan di Kantor Walikota Manado, Minggu (12/2/2017).

Mengkompetisikan 14 Universitas bergengsi di Indonesia dalam mensimulasikan proses berjalannya Hukum Acara Persidangan. Dan pada akhirnya, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, keluar sebagai Juara 1 Umum NMCC Piala MA XX 2017.

Cantika Mira, mahasiswi semester 6, Universitas Airlangga, mengungkapkan perasaannya yang sangat bahagia dan bersyukur atas kemenangan yang diraih oleh Universitas tempatnya menimbah ilmu.

“Segala hal yang kami peroleh pada hari ini, semuanya karena berkat Tuhan. Selama 4 bulan persiapan kami untuk mengikuti kompetisi ini, kami selalu optimis dan yakin akan hasilnya, dan puji Tuhan kami bisa keluar sebagai pemenang. Dan untuk kedepannya, kami akan terus berusaha lebih keras lagi untuk bisa meraih kembali Piala MA ini, pada penyelenggaraan NMCC di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Cantika.

“Harapan kami untuk kompetisi NMCC kedepannya, kiranya bisa semakin lebih dan lebih baik lagi dalam mencetak para yuridis-yuridis profesional dimasa yang akan datang,” tandas Cantika.

Terkait itu, Vice Project Asian Law Student Association (ALSA) Local Chapter (LC) Unsrat Manado, Trendy Walansendow, menyatakan bahwa setiap keputusan dan hasil dalam kompetisi NMCC Piala MA XX 2017, murni oleh pihak juri, tidak ada intervensi maupun faktor subjektivitas.

“Kami sangat percaya kepada integritas dan kompetensi dari pihak juri, sehingga apa yang telah dinilai dan diputuskan bagi para pemenang dari masing-masing pool dan kategori, baik dalam babak penyisihan, babak final, dan sebagai juara umum, kami yakin itu adalah hasil yang terbaik,” tegas Trendy.

Selain itu, tambah Trendy, sejak awal penyelenggaraan sampai berakhirnya kompetisi ini, saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja teman-teman panitia ALSA LC Unsrat, yang telah berkorban waktu dan tenaga untuk mensukseskan kompetisi berskala nasional ini. Tetap semangat dan terus berjuang, agar kiranya pada penyelenggaraan NMCC pada tahun mendatang, Fakultas Hukum Unsrat bisa membawa pulang piala MA tersebut.

Adapun, 16 juri yang telah dipercaya untuk menilai dan memutuskan hasil (Panitera terbaik, Penasihat Hukum terbaik, Jaksa Penuntut Umum terbaik, Hakim Agung terbaik, Penyusunan Berkas terbaik) penampilan peserta, mereka berasal dari unsur BNN, Pengadilan Negeri Manado, Kejaksaan Tinggi Sulut, Kejaksaan Agung Sulut, Mahkamah Agung, dan Mahkamah Konstitusi.

Berikut merupakan hasil penilaian juri bagi para peserta pemenang sejak babak penyisihan, babak final, dan sebagai juara umum, berdasarkan ke-5 kategori dan pembagian ke dalam ke-4 pool yang telah ditentukan:

Pemenang Babak Penyisihan, Kategori Panitera:
Pool 1. Universitas Udayana, Bali, Denpasar, dan Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.
Pool 2. Universitas Syah Kuala, Aceh, Sumatera Utara.
Pool 3. Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, dan Universitas Tarumanegara, DKI Jakarta, Jakarta Barat.
Pool 4. Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Pemenang Babak Penyisihan, Kategori Penasihat Hukum:
Pool 1. Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.
Pool 2. Universitas Syah Kuala, Aceh, Sumatera Utara.
Pool 3. Universitas Tarumanegara, DKI Jakarta, Jakarta Barat.
Pool 4. Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Pemenang Babak Penyisihan, Kategori Jaksa Penuntut Umum:
Pool 1. Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.
Pool 2. Universitas Syah Kuala, Aceh, Sumatera Utara.
Pool 3. Universitas Tarumanegara, DKI Jakarta, Jawa Barat.
Pool 4. Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Pemenang Babak Penyisihan, Kategori Hakim Agung:
Pool 1. Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.
Pool 2. Universitas Syah Kuala, Aceh, Sumatera Utara.
Pool 3. Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.
Pool 4. Universitas Jember, Jember, Jawa Timur.

Pemenang Babak Penyisihan, Kategori Berkas:
Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Pemenang Babak Final, Kategori Panitera Terbaik: 
Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Timur.
Pemenang Babak Final, Kategori Penasihat Umum Terbaik:
Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Timur.
Pemenang Babak Final, Kategori Penuntut Umum Terbaik:
Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Timur.
Pemenang Babak Final, Kategori Hakim Agung Terbaik:
Universitas Syah Kuala, Aceh, Sumatera Utara.

Juara Umum, NMCC Piala MA XX 2017:
Juara 1. Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.
Juara 2. Universitas Syah Kuala, Aceh, Sumatera Utara.
Juara 3. Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Segenap rangkaian kegiatan Closing Ceremony NMCC Piala MA XX 2017, ditutup secara resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Yap Arfen Rafael, S.H, M.H., pada pukul 12.00 tengah malam WITA. (rezkykumaat)