Kementerian Sosial Memberikan kuota 16 Unit E-Warung

Manado, 21/2 (Komunikasulut.com) – Pemerintah Pusat melalui Kementerian sosial memberikan kuota 16 unit E-Warung, pada dinas sosial Kota Manado untuk melayani 15.912 kepala keluarga pemegang kartu keluarga sejahtera (KKS) tahun 2017.

“Penambahan kuota pada tahun ini sebagai awal pelaksanaan program E-Warung oleh pemerintah, dimana dua diantaranya sudah dinyatakan siap,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Sosial Fakir Miskin, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Manado, Paulina Tamara, di Manado, Selasa.

Paulina mengatakan, dua E-Warung yang sudah siap menjadi lokasi belanja pada pemegang KKS adalah di Perkamil Kecamatan Paal Dua dan Kima Atas Kecamatan Mapanget, sehingga warga bisa mulai berbelanja di situ.

Kepala Seksie Bantuan Stimulan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Manado, Suhenda, mengatakan, secara teknis nanti setiap E-Warung akan melayani lima ratus sampai seribu KK pemegang KKS di satu wilayah.

“Karena itu nantinya E-Warung yang berdiri harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan, antara lain harus berada di lokasi yang strategis, wilayahnya harus yang layak signal, sebab belanjanya nanti dengan menggunakan sistem online,” kata Suhenda.

Sedangkan untuk setiap KKS, kata Suhenda, akan diberikan kuota senilai Rp110 ribu perbulan, yang bisa digunakan untuk belanja beras, gula pasir dan minyak goreng, yang bisa digunakan setiap bulan atau terserah pemegang kartunya.

Tetapi hanya untuk berbelanja kebutuhan pokok saja, bukan untuk yang lainnya, karena kuotanya diisi oleh pemerintah dan pemanfaatanya pun hanya di E-Warung, untuk menghindari bahkan mencegah penyimpangan pemanfaatan bantuan.

Suhenda menjelaskan, saat ini tim sedang melakukan verifikasi terhadap 14 E-Warung lainnya, apakah memenuhi syarat atau tidak, sebab nantinya pemerintah akan memberikan bantuan Rp10 juta untuk membuat atau merenovasi warungnya agar layak dikunjungi dan tambahan Rp20 juta untuk mengisi warung.

“Nanti jika sudah habis maka Bulog akan mengisi kembalu warung sesuai dengan kuota masing-masing,” katanya.

Dia mengatakan, semua bantuan tersebut diberikan pemerintah untuk mendukung terlaksananya program pengentasan kemiskinan sesuai dengan nawa cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.(Dims)