BEM Fisip Gelar FGD, Guna Tingkatkan Nalar Berpikir Kaum Intelektual

Nampak seorang mahasiswa perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Himakom) sedang memberikan pendapatnya.

Manado, KomunikaSulut.Com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Live Music di Lobby Fisip Unsrat, Rabu (22/2/2017).

Wakil Ketua BEM Fisip Unsrat, Chechen Kawengian, dalam wawancaranya dengan KomunikaSulut, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini selain karena merupakan salah satu program kerja BEM Fisip, namun bertujuan juga untuk menghidupkan kembali suasana intelektual dan pengetahuan di lingkungan mahasiswa Fisip Unsrat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program BEM yang sengaja dilaksanakan untuk menghidupkan kembali suasana intelektual dan pengetahuan di lingkup mahasiswa Fisip Unsrat. Sebagaimana kita ketahui bersama, Fisip sebagai parameter Unsrat harus peka terhadap permasalahan sosial, terlebih khusus soal kepemimpinan. Karena pemimpin akan menciptakan generasi pemimpin baru, yang peka terhadap realitas kehidupan sosial dalam lingkup kampus maupun masyarakat,” ucapnya.

Tema FGD yang diangkat oleh BEM Fisip Unsrat adalah “Generasi Hari Ini Pemimpin Masa Depan”. Chechen menjelaskan bahwa, “Tujuan dijadikannya tema ini sebagai topik pembahasan, oleh karena di dalam diskusi ini kami menghadirkan ketua-ketua dari setiap perwakilan organisasi mahasiswa (Ormawa) Fisip, sehingga kami ingin mengkaji kembali tentang bagaimana untuk menciptakan pemimpin-pemimpin di masa depan nanti,” jelasnya.

Adapun, Ketua BEM Fisip Unsrat, Rinaldo Dogowini, dalam wawancara via telephone dengan KomunikaSulut, mengatakan, “Kegiatan FGD ini, pada prinsipnya adalah kegiatan terobosan awal kami untuk bagaimana mencoba menghadirkan kembali suasana-suasana berdiskusi santai di kalangan mahasiswa Fisip Unsrat, khususnya dimulai dari pimpinan BKM dan Himaju-Himaju,” ujarnya.

“Dan kiranya kegiatan ini mampu memberikan dampak positif, guna merangsang nalar berfikir kaum intelektual sebagai bagian dari agent of change. Selain itu, ini baru kegiatan terobosan awal, yah doakan saja kalau tidak ada halangan dan ada kesempatan akan ada kegiatan seperti ini tetapi skopnya akan di perluas,” tambah Rinaldo.

Kegiatan FGD diikuti oleh segenap ormawa yang ada di Fisip Unsrat, baik dari seluruh Himaju, BKK, KMK, BT, Mapala, BPM, dan sebagainya. Setiap peserta ormawa yang ikut FGD, diwakili oleh maksimal 4 perwakilan mahasiswa-mahasiswi. Dengan sistematis kegiatan, yaitu forum diskusi terbuka, yang diatur oleh Moderator yang telah dipilih oleh panitia penyelenggara.

IMG_7635

Segenap rangkaian kegiatan FGD, dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Fisip Unsrat, Dr. Drs. William Areros, M.Si, pada pukul 09.00 WITA dan berakhir pada pukul 13.30 WITA. (patricktangel)