Siswa SMK Siap Ikut UN

Manado, 2/4 (Komunikasulut.com) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat, akan mengikuti ujian Nasional (UN), Sebanyak 14.011 siswa, sudah siap mengikuti Ujian Nasional (UN) di Sulawesi Utara (Sulut).

“Siswa SMK tersebut berasal dari 15 kabupaten dan kota di Sulut, kelas 12 akan mengikuti UN yang akan dilaksanakan selama empat hari,” kata Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Asiano Gammy Kawatu, di Manado, Minggu.

Kawatu mengatakan, ujian kali ini berbeda, karena SMK tidak melaksanaan bersama dengan SMK tetapi lebih dulu, dan dimulai tanggal 3 yang akan berakhir 6 April.

“Untuk itu kami sudah mengingatkan sekolah untuk mempersiapkan ujian dengan benar, termasuk menyiapkan semua siswa untuk mengikuti ujian,” katanya.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan UN tingkat SMK, mata pelajaran yang akan diujikan ada empat yakni matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris dan teori kejuruan.

Dia mengatakan, untuk teori kejuruan itu tergantung pada sekolah, jika kesehatan maka itu yang akan diujikan, farmasi itu pula yang diujikan, demikian dengan mata pelajaran lainya.

Kawatu mengatakan, sebelum pelaksanaan UN, seluruh sekolah menegah atas sederajat termasuk SMK sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk simulasi bagi yang melaksanakan ujian berbasis komputer serta pra UN.

Kawatu menegaskan, bahwa UN bukan lagi masalah bagi para siswa, meski dia tetap minta agar para siswa tetap bersiap dan jangan sampai mengendorkan semangat, sebab UN merupakan salah satu tanda keseriusan siswa dalam belajar.

“Tetap harus belajar dengan baik, supaya bisa mengikuti ujian dengan baik, karena itu juga adalah tahapan dalam menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA maupun SMK,” katanya. (Dims)