Retribusi Jalur Manado-Bitung Bakal di Perdakan

Airmadidi, 11/04 (komunikasulut.com),- Adanya aspirasi masyarakat dan tokoh aktivis Minahasa Utara (Minut) agar Pemerintah dan DPRD membuat  regulasi daerah (perda) tentang retribusi jalur Manado-Bitung, diapresiasi positif oleh ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Moses Corneles.

Saat dihubungi Selasa (11/4) tadi malam, Mosses mengatakan dirinya menyambut positif  ide tersebut.

“Kami akan memanggil instansi terkait yakni dinas perhubungan untuk diajak duduk bersama guna mengkaji hal tersebut, apakah akan dibuat satu regulasi tentang retribusi untuk menunjang pendapatan daerah atau nanti semacam apa produk kebijakan yang akan kita ambil bersama,” Ucap Moses.

Menurutnya selama ini Minut hanya sebatas daerah transit bagi jalur perdagangan di Sulut antara kota Manado dan kota Bitung, Namun tidak pernah mendapatkan manfaat daerah kegiatan perdagangan apa lagi berkontribusi bagi pendapatan masyarakat Minut.

“Selama ini hanya sebagai daerah transit saja, tapi tidak ada kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tambah politisi PDI Perjuangan ini.

Lanjutnya, memang realitas saat ini Jalur yang biasa dilewati kendaraan besar itu sudah terdapat beberapa titik jalan yang rusak parah. Dan tentunya hal itu sangat merugikan masyarakat umum, terutama warga sekitar, mulai dari Airmadidi hingga Maumbi.

“Jalan itu memang punya kapasitas berat kendaraan, kita ketahui bersama kenyataannya alat yang melewati jalur tersebut sudah melebihi kualitas jalan yang dibuat, akibatnya ya semua jadi rusak, minut harus jadi daerah yang termasuk dalam wilayah pertumbuhan ekonomi di Sulut,” terangnya. (thox)