Ketua DPRD: Paripurna LKPj Bersamaan dengan Perda

Manado, 13/4 (Komunikasulut.com) – Ketua DPRD Noortje Henny Van Bone, mengatakan, DPRD menjadwalkan pelaksanaan paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPi) wali kota Manado bersamaan dengan penetapan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah.

“Badan musyawarah DPRD Manado sudah menetapkan, jadwalnya dilakukan selesai penetapan Raperda menjadi Perda dalam hari yang sama,” kata Van Bone, di Manado.

Dia mengatakan, hal tersebut disepakati badan musyawarah DPRD karena padatnya agenda DPRD Manado, yang harus mengonsultasikan berbagai masalah di Manado ke kementerian maupun lembaga teknis negara lainnya, termasuk persiapan untuk perubahan APBD.

Dia mengakui memang sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang nomor 23/2014 tentang pemerintahan daerah, pasal 70-71 LKPj harus dilaksanakan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran kepada DPRD, untuk dibahas.

“Dimana nantinya dari pembahasan LKPj tersebut akan diterbitkan rekomendasi oleh DPRD kepada pemerintah untuk melakukan berbagai perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintah nantinya,” kata Van Bone.

Namun dia mengatakan, paripurna LKPj akan dilaksanakan paling lambat pekan depan, tetapi naskah secara resmi sudah diserahkan pemerintah kepada sekretariat DPRD Manado. (Dims)