Aliansi Organisasi Mahasiswa Unsrat Bergerak, Combyan: Refleksi Hardiknas Bertujuan Tuk Capai Pendidikan Yang Sebenarnya

Manado, KomunikaSulut.Com – Aliansi Organisasi Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) akan menggelar aksi Refleksi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Selasa pagi (2/5/2017) pukul 09.00 WITA sampai dengan selesai. Aksi akan digelar dengan melakukan orasi dan long march dari Unsrat sampai titik akhirnya di Sekretariat Dewan Provinsi Sulut untuk menyampaikan aspirasi mereka terkait Pemerataan Pendidikan di Sulut.

Aliansi Organisasi Mahasiswa Unsrat sendiri terdiri dari berbagai unsur dan elemen organisasi mahasiswa yang ada di universitas. Diantaranya adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Unsrat, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM), dan diikuti juga hampir seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju) yang ada di kesebelas fakultas yang ada di Unsrat.

Ketua BEM Unsrat, Combyan Lombongbitung, dalam kesempatannya bersama pewarta KomunikaSulut, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari aksi Refleksi kali ini yaitu untuk mencapai tujuan pendidikan yang sebenarnya. Yang pada intinya, ditujukan supaya Pendidikan di Sulut bisa lebih maju dan berkembang lagi.

“Tujuan utama Aliansi Organisasi Mahasiswa Unsrat mengadakan aksi refleksi dalam rangka Hardiknas ini, yaitu untuk mencapai tujuan pendidikan yang sebenarnya. Sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, ada kalimat yang berbunyi “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa “. Maka kami disini ingin mendorong supaya Pendidikan di Indonesia terlebih khusus di Sulut bisa lebih maju dan berkembang lagi,” ujar dia.

Hal-hal yang menjadi persoalan di dalam Pendidikan saat ini, tambah Combyan, haruslah segera dituntaskan oleh pihak-pihak yang terkait, entah itu dari Pemerintah ataupun lembaga legislatif yang mengemban tanggung jawab tersebut.

Adapun harapan kami terhadap respon dari pihak Pemerintah dalam hal ini DPR Provinsi dalam menyikapi aksi Refleksi ini, kiranya dapat merespon dan menerima kami dengan baik dengan segala hal yang mengenai tuntutan kami untuk segera di penuhi, tandas Combyan.

Aliansi Organisasi Mahasiswa Unsrat dalam menggelar aksinya akan memberikan beberapa tuntutan terkait Pemerataan Pendidikan di Sulut, diantaranya adalah:
– Menuntut pemerataan tenaga pendidikan di tiap daerah di Sulut.
– Menuntut adanya transparansi Pendidikan di Sulut.
– Menuntut realisasi  anggaran Pendidikan 20% yang bersumber dari APBN dan APBD sesuai amanat UUD pasal 31 ayat 4.

Aksi Refleksi Aliansi Organisasi Mahasiswa Unsrat dalam rangka Hardiknas diperkirakan akan diikuti oleh puluhan sampai ratusan mahasiswa-mahasiswi Unsrat dan aktivis mahasiswa yang akan bersama-sama menyuarakan aspirasi mereka dalam menuntut ketidakadilan yang masih terjadi di dunia Pendidikan saat ini, terlebih khusus yang terjadi di Sulut. (rezkykumaat)