Mahasiswa Jurusan Komunikasi Fispol Unsrat Kunjungi Kompas TV Manado

Para Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat yang terdiri dari Mahasiswa Konsentrasi Jurusan Jurnalistik dan Persma Acta Diurna saat melakukan kunjungan di Kantor Stasiun Media Kompas TV Manado.

Manado, KomunikaSulut – Dalam rangka menggenapi tugas perkuliahan dan melakukan kajian observasi lapangan terkait dunia jurnalistik, segenap jajaran Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado yang terdiri dari Mahasiswa Konsentrasi Jurusan Jurnalistik dan Pers Mahasiswa Acta Diurna, mengadakan kunjungan di Kantor Stasiun Media Kompas TV Manado, Jln. Anugerah, Kel. Winangun, Kec. Malalayang, pada Senin (29/5/2017) pukul 13.30 WITA.

Pihak Media Kompas TV Manado pun sangat menyambut baik kedatangan teman-teman mahasiswa di kantor mereka. Sebagaimana keterangan yang diperoleh pewarta KomunikaSulut, Assistant Producer Kompas TV Manado, Jilly Kindangen, mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kunjungan Mahasiswa Fispol Unsrat, oleh karena sangat jarang ada kalangan akademisi yang sangat ingin mengetahui tentang dunia jurnalistik yang sebenarnya, sehingga mau datang melihat secara langsung di lapangan.

“Kunjungan ini tentunya sangat diapresiasi oleh kami pihak Kompas TV Manado, karena sangat jarang ada kalangan mahasiswa yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang dunia pers yang sebenarnya, sehingga mendatangi lgsg stasiun tv seperti sekarang ini. Di dalam kunjungan ini banyak hal yang bisa didapat, seperti halnya bisa lebih mengetahui bahwa di dunia pers tidak hanya sekedar mencari berita, tapi bagaimana berita itu diproses dan korelasinya dengan dunia broadcasting beserta penerapannya di lapangan. Jadi pada intinya kunjungan teman-teman Mahasiswa Fispol Unsrat di Stasiun Kompas TV Manado bisa memahami langsung praktek jurnalistik di lapangan dan tidak hanya teorinya,” ujar Jilly Kindangen yang juga merupakan seorang Reporter dan Host di Kompas TV Manado.

“Kiranya dengan kunjungan teman-teman mahasiswa di Kompas TV Manado, kalian yang merupakan calon-calon pegiat jurnalistik di masa yang akan datang bisa memiliki jiwa yang independen. Jangan mudah dibayar hanya untuk mengakomodir suatu isu yang tidak murni kebenarannya. Demikian juga kita harus berani untuk melaporkan kebenaran yang ada di lapangan sebagaimana situasi yang sebenarnya,” tambah Jilly.

Di dalam kunjungan Mahasiswa Konsentrasi Jurusan Jurnalisitk dan Persma Acta Diurna Fispol Unsrat di Stasiun Media Kompas TV Manado, ada beberapa agenda kegiatan yang dilakukan. Di antaranya adalah diskusi singkat bersama Producer Kompas TV Manado, Immanuel Wantania, dan Jilly Kindangen selaku Asisstent Producer, dengan pembahasan mengenai sejarah Kompas TV Manado, manajemen redaksi, dan berbagai hal-hal teknis lainnya terkait aktivitas prosedural di Kompas TV Manado. Setelah itu, teman-teman mahasiswa dibawa untuk melihat secara langsung aktivitas di setiap ruang redaksi yang ada di Kompas TV Manado beserta cara pengoprasiannya.

Dengan demikian segenap rangkaian kegiatan kunjungan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat yang terdiri dari Mahasiswa Konsentrasi Jurusan Jurnalisitk dan Persma Acta Diurna berlangsung sejak pukul 13.30 WITA sampai pukul 15.30 WITA. (rezkykumaat)