Aliansi Ormawa se-Fispol Gelar Aksi Kecam Pelayanan di Fakultas

Ketua BEM Fispol, Rinaldo Dogowini, saat memberikan orasi di depan kantor fakultas, Senin (5/6/2017).

Manado, KomunikaSulut.Com — Aliansi Organisasi Mahasiswa se-Fispol menggelar aksi unjuk rasa di lingkungan perkuliahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, pada Senin (5/6/2017). Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan dalam rangka menyikapi permasalahan-permasalahan yang ada di Fispol. Terkait dengan kurangnya fasilitas yang memadai, buruknya etika pelayanan, dan pelayanan publik yang ada di lingkungan perkuliahan fakultas yang dinilai telah banyak merugikan mahasiswa dalam memenuhi hak-hak mereka di lingkungan perkuliahan.

Adapun  secara lengkap resolusi tuntutan Aliansi Ormawa Fispol adalah “Etika Pelayanan Publik dan Transparansi Informasi Terhadap Mahasiswa Fispol Unsrat,” dengan poin-poin sebagai berikut:

  1. Memberikan sanksi tegas terhadap staf pegawai yang kurang maksimal dan tidak beretika.
  2. Percepat proses pengadaan absen portal dan DPNA saat kuliah dan ujian.
  3. Menuntut pengadaan fasilitas kampus yang kurang memadai.
  4. Mengecam keras tindakan oknum pegawai yang mempersulit pemakaian fasilitas kampus.
  5. Menuntut sikap profesionalisme dosen dalam komitmen waktu dan etika belajar mengajar.
  6. Transparansi informasi tentang beasiswa.

Dalam pelaksanaan aksi unjuk rasa, Aliansi Ormawa yang terdiri dari berbagai komponen civitas akademika yang ada di Fispol, melakukan penandatanganan petisi transformasi Fispol dan melakukan orasi di beberapa tempat di lingkungan fakultas. Sampai akhirnya Aliansi Ormawa menerobos masuk di Kantor Fispol untuk menemui secara langsung Kasubag Umum, SIM, dan Kemahasiswaan, namun sangat disayangkan mereka tidak berada di tempat. Sehingga, pada akhirnya Aliansi Ormawa memutuskan untuk mengadakan diskusi bersama segenap jajaran pimpinan Fispol di aula fakultas. Di dalam diskusi tersebut, turut hadir Dekan Fispol Unsrat, Dr. Drs. Novie Pioh, M.Si, Wakil Dekan 1, Dr. Drs. Riane Johnly Pio, M.Si, Wakil Dekan 2, Dr. Drs Johny E. Revo Tampi, MSi, segenap staf (Bagian Umum, SIM, dan Kemahasiswaan), segenap dosen pengajar dari berbagai jurusan, dan segenap ormawa-ormawa (BEM, DPM, BKK, Pers Mahasiswa, SSF, Himaju-Himaju, dan sebagainya) yang ada di Fispol Unsrat.

Proses berjalannya diskusi berlangsung dengan pembacaan resolusi tuntutan Aliansi Ormawa Fispol oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fispol, Rinaldo Dogowini, sesi tanya jawab oleh para mahasiswa dengan petinggi fakultas, dan penandatanganan petisi transformasi Fispol oleh seluruh elemen fakultas yang hadir di tempat.

Dalam diskusi tersebut, Dekan Fispol Unsrat, Dr. Drs. Novie Pioh, M.Si, memberikan tanggapannya terkait aksi unjuk rasa dan berbagai tuntutan yang dilayangkan Aliansi Ormawa Fispol kepada pihak fakultas.

“Teman-teman mahasiswa seharusnya langsung berhadapan dahulu dengan saya, terkait dengan masalah yang sedang terjadi ini. Saya bersumpah bahwa setiap mahasiswa yang datang kepada saya untuk menyampaikan persoalan, pasti akan disambut dengan kepala dingin. Saya kaget dengan adanya unjuk rasa secara tiba-tiba ini,” ujar Pioh.

Persoalan mengenai kurang maximalnya pelayanan pegawai, lanjut Pioh, saya baru tahu pada saat ini. Terima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang telah menginformasikan kepada saya. Kalau tidak ada unjuk rasa ini, saya pasti tidak akan tahu.

Terkait dengan tuntutan teman-teman mahasiswa, saya akan menindaklanjuti hal ini secara prosedural. Dengan mengacu pada UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Kalau ada pegawai yang nakal, itu adalah hak kita untuk membina, namun bukan untuk dibinasakan. Jika mereka ada kesalahan, harus ditegur dahulu. Nanti jika teguran itu tidak diindahkan, barulah diberikan sanksi tegas.

Dalam menjaga keamanan dan fasilitas yang ada di dalam Fispol Unsrat, haruslah kita lakukan bersama-sama. Bukan hanya para petinggi fakultas, tapi dari setiap ormawa yang ada harus bersinergi untuk menjaga fakultas yang kita cintai ini. Karena saya pernah temui langsung ada mahasiswa yang sengaja melakukan pengrusakan fasilitas kampus dengan alasan yang tidak rasional, tandas Pioh.

Segenap rangkaian kegiatan aksi unjuk rasa Aliansi Ormawa se-Fispol di Fispol Unsrat berlangsung dengan tertib dan kondusif hingga berakhirnya pada pukul 15.00 WITA. (RE)