Mangindaan Pimpin Sosialisasi Empat Pilar Kepada ASN Manado

Manado, KomunikaSulut.Com — Wakil Ketua MPR-RI, Letjen TNI. Pur. E.E. Mangindaan, memimpin tim DPR-RI melakukan sosialisasi empat pilar MPR-RI kepada ASN di Manado, Kamis (8/6/2017)

“Empat pilar adalah jati diri bangsa, tempat keberagaman suku bangsa dimana semuanya rukun dan damai,” kata Lape, sapaan akrab Mangindaan, dalam sosialisasi di ruang serbaguna kantor wali kota Wakil Manado.

Dia mengatakan, Pancasila adalah dasar dan ideologi negara, yang harus selalu dijaga dan dipertahankan oleh seluruh rakyat Indonesia, sebab merupakan karena merupakan dasar negara dan sumber dari segala sumber hukum.

“Tetapi Pancasila mengalami dan menghadapi banyak tantangan sebagai dasar negara baik internal maupun eksternal, selama ini,” katanya.

Mangindaan mengatakan, dalam posisi sebagai dasar dan ideologi negara, pancasila merupakan pemersatu dan pandangan hidup, cita-cita bangsa, fundamen dan pemikiran yang mendalam, yang lahir dari berbagai proses panjang, yang diawali dengan pendirian BPUPKI yang beranggotakan 69 orang ditambah anggota istimewa, ke piagam Jakarta sampai resmi disebut dasar negara.

Sebab itu dia mengatakan, Pancasila sudah final, karena merupakan pendapat para pendiri bangsa, yang dipakai sampai sekarang dan harus diamalkan dengan baik. (Dims)