Ribuan Calon Maba Menghadiri Pertemuan Persiapan PK2MB di Beberapa Fakultas di Unsrat

Suasana pertemuan persiapan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) yang digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulagi (Unsrat) Manado, di Aula Fakultas, pada Jumat (21/7/2017).

Manado, KomunikaSulut – Ribuan peserta calon mahasiswa baru di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, telah menghadiri pertemuan persiapan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) yang digelar oleh beberapa fakultas di Unsrat pada Jumat (21/7/2017).

Penyelenggaraan kegiatan pertemuan tersebut, dalam rangka untuk memberikan pemberitahuan kepada para calon mahasiswa baru mengenai hal-hal teknis yang perlu untuk dipersiapkan sebelum kegiatan PK2MB berlangsung pada hari Selasa (25/7/2017).

Namun, ternyata penyelenggaraan kegiatan pertemuan pesiapan PK2MB yang digelar pada hari ini, dikecam oleh Wakil Rektor 3 (WR 3) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir. Hengki Johanis Kiroh, M.S. Dalam keterangannya kepada pewarta KomunikaSulut, WR 3 mengatakan bahwa sebenarnya tidak mengijinkan adanya pelaksanaan pertemuan kegiatan apapun yang berhubungan dengan PK2MB Unsrat disepanjang minggu berjalan ini. Oleh karena hal ini sudah disepakati dalam rapat antara pihak Rektorat (WR 3) bersama dengan para Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni beserta Badan Eksekutif Mahasiswa dari kesebelas fakultas di Unsrat pada Kamis (20/7/2017).

Hasil kesepakatannyapun berupa penetapan jangka waktu pelaksanaan PK2MB Unsrat yang hanya akan berlangsung selama 4 hari. Dengan berbagai kegiatan yang di antaranya adalah sebgai berikut:

  • Terhitung mulai hari Selasa (25/7/2017), merupakan kegiatan Pra PK2MB Unsrat yang bertemakan “Cinta Kampus,” dengan kegiatan yang akan berupa bersih-bersih lingkungan kampus di kesebelas fakultas yang ada di Unsrat. Dengan catatan, kegiatan hanya akan berlangsung selama setengah hari.
  • Dilanjutkan pada hari Rabu (26/7/2017), merupakan pembukaan secara resmi pelaksanaan PK2MB di Unsrat yang akan digelar di Gedung Auditorium Universitas dan dilanjutkan dengan kuliah umum yang akan di materikan oleh beberapa pihak narasumber, seperti halnya Pangdam, Polda Sulut, dan BNN. Setelah itu, kegiatan akan dilanjutkan di fakultas masing-masing dengan berbagai agenda kegiatan yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia PK2MB fakultas yang bersangkutan, terhitung sampai pada hari penutupan PK2MB Unsrat, yaitu hari Jumat (28/7/2017).

“Pihak fakultas yang menyelenggarakan pertemuan persiapan PK2MB pada hari ini, pada dasarnya telah mendahului kebijakan Universitas. Hal ini dikarenakan pada pelaksanaan rapat antara pihak Rektorat dan seluruh WD3 beserta BEM dari tiap fakultas pada Kamis (20/7/2017), telah menyepakati bahwa segala kegiatan yang berhubungan dengan PK2MB Unsrat hanya akan digelar selama empat hari dan terhitung mulai pada hari Selasa (25/7/2017) sampai berakhirnya pada Jumat (28/7/2017),” ujar WR 3.

Informasi yang saya peroleh dari pihak fakultas yang mengadakan pertemuan persiapan PK2MB Unsrat pada hari ini, lanjut WR 3, katanya hanya untuk sekedar pemberitahuan teknis dan pengambilan perlengkapan dalam rangka persiapan maba untuk mengikuti kegiatan PK2MB. Namun menurut saya, hal itu merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab dan saya bisa katakan telah melawan kebijakan Unsrat. Sehingga, selanjutnya saya akan memanggil para pimpinan fakultas yang bersangkutan terkait hal ini.

Walaupun pada akhirnya terkait dengan persoalan ini, yang paling penting bagi saya adalah jangan sampai ada hal-hal yang terjadi dan bisa merugikan para calon mahasiswa baru, seperti halnya adanya tindak kekerasan (perploncoan) yang sering dilakukan oleh para oknum mahasiswa senior selama berjalannya kegiatan. Oleh karena jika ada kedapatan bukti oknum yang melakukan hal tersebut, pastinya akan langsung diberikan sanksi tegas dari pihak Universitas.

Sebagaimana pantauan dari pewarta KomunikaSulut, pelaksanaan pertemuan persiapan PK2MB Unsrat telah digelar di Fakulas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Kedokteran. Situasi pelaksanaan pertemuan persiapan PK2MB yang telah digelar pada hari ini, berlangsung dengan kondusif dan tidak adanya persitiwa yang merugikan para calon mahasiswa baru.  (rezkykumaat)