PK2MB Faked Unsrat Berlangsung Apik

Suasana hari pertama PK2MB di Faked Unsrat, Selasa (25/7/2017).

Manado, KomunikaSulut – Kesebelas fakultas yang ada di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, telah serentak menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB), pada Selasa (7/25/2017), dengan berlokasikan di lingkungan perkuliahan fakultas masing-masing.

Seperti halnya di Fakultas Kedokteran (Faked) Unsrat, kegiatan PK2MB berlangsung dengan aman, lancar, dan kondusif, tanpa adanya unsur-unsur kekerasan maupun hal-hal yang dapat merugikan segenap maba yang ikut berpartisipasi.

Dalam keterangannya kepada pewarta KomunikaSulut, salah satu dosen yang mengkoordinir kegiatan tersebut, dr. Hedison Polii, M.Kes, AIFM, AIFO, mengatakan bahwa untuk kegiatan PK2MB kali ini, jumlah maba yang masuk di Faked adalah sebanyak 275 orang. Dengan terbagi di beberapa jurusan yang ada di Faked, yaitu 150 orang masuk Program Studi Kedokteran Umum dan sisanya adalah mereka yang masuk di Program Studi Kedokteran Gigi maupun Keperawatan.

“Jumlah maba yang masuk di Faked adalah sebanyak 275 orang. Dengan terbagi di beberapa jurusan yang ada, yaitu 150 orang masuk ke jurusan Kedokteran Umum, sedangkan sisanya masuk di jurusan Kedokteran Gigi dan Keperawatan.” ujar Hedison.

“Mereka masuk melalui jalur penerimaan yang sama dengan para mahasiswa lain di Unsrat, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan T2. Sedangkan, untuk yang bisa mendapatkan program bidik misi hanya diperuntukan bagi program studi Kedokteran Gigi dan Keperawatan,” tambah Hedison.

Untuk ketersediaan Jurusan dan Program Studi yang ada di Faked Unsrat sendiri, lanjut Hedison, terdapat tiga program studi, yaitu terdiri dari Program Studi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, dan Keperawatan. Untuk Program Spesialis, ada tersedia special untuk bagian Bedah, bagian Interna, bagian Pediatri, bagian Obsetri dan Ginekologi, bagian Neurologi, bagian Rehabilitasi Medik, bagian Mata, dan bagian Jantung.

Perlu untuk diketahui juga, bagi seseorang untuk bisa menjadi seorang Dokter harus melewati lima tahap. Yang pertama adalah, harus lulus tes masuk universitas. Kedua, harus lulus di Program Studi Kedokteran Umum untuk mendapatkan sarjana kedokteran. Ketiga, harus lulus di Program Studi Pendidikan Profesi. Keempat, harus lulus uji kompetensi mahasiswa Program Profesi Dokter. Kelima, mengikuti Intenrsip (Magang) sampai keluar Surat Tanda Registrasi (STR) kedokterannya. Setelah selesai melalui tahapan-tahapan tersebut, barulah sudah bisa untuk bekerja di Instansi Rumah Sakit ataupun membuka tempat praktik sendiri, tandas Hedison.

Dalam pagelaran PK2MB di Faked Unsrat, panitia memberikan tema yang bertajukan “Force Awake17: Faked Oriented and Orientation.” Nadia Runtuwene, selaku Ketua Panitia PK2MB Faked Unsrat, mengatakan, “Berdasarkan tema tersebut, pelaksanaan PK2MB kali ini bertujuan agar para maba bisa beradaptasi dengan perkuliahan dan mengetahui segala fasilitas yang ada di Faked Unsrat, itu esensinya,” ucap Nadia.

Dalam pelaksanaan kegiatan PK2MB di Faked Unsrat, pihak panitia menggunakan jadwal/susunan agenda kegiatan yang telah ditetapkan oleh Universitas. Yang mana jadwal/susunan agenda kegiatan tersebut juga merupakan pedoman yang dipakai di penyelenggaraan PK2MB di kesebelas fakultas yang di Unsrat.

Dengan demikian, mengacu pada pedoman tersebut, segenap rangkaian kegiatan PK2MB harinya yang pertama di Faked Unsrat, dimulai pada pukul 07.30 WITA dan berakhir pukul 13.00 WITA. (rezkykumaat)