Kumaat Resmi Sambut 5.200 Lebih Maba Unsrat

Suasana peresmian pembukaan kegiatan PK2MB Unsrat yang diikuti oleh 5.200an maba dari kesebelas fakultas yang ada di universitas. Kegiatan berlangsung di Gedung Auditorium Unsrat, Rabu (26/7/2017).

Manado, KomunikaSulut – Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Si, DEA, telah secara resmi membuka segenap rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB), yang akan berlangsung di kesebelas fakultas yang ada di Universitas selama tiga hari kedepan. Acara pembukaan berlangsung di Gedung Auditorium Unsrat, pada Rabu (26/7/2017).

Sesi foto bersama antara Pangdam XIII/ Merdeka, Mayjen Ganip Warsito dan jajaran pimpinan Unsrat.

Dalam keterangannya kepada pewarta KomunikaSulut, Kumaat mengatakan bahwa dari total 36 ribuan calon maba yang mendaftar di Unsrat, pada akhirnya ada 5200an maba yang terpilih untuk bisa mengikuti PK2MB kali ini. Oleh karena itu, diharapkan mereka adalah yang terbaik dan merupakan bibit-bibit unggul yang akan berada di Universitas.

“Dari 36 ribuan calon maba yang mendaftar di Unsrat, sudah tersaring menjadi 5200an maba yang akan mengikuti kegiatan PK2MB. Oleh karena itu, kami mengharapkan kiranya mereka itu adalah yang terbaik dan merupakan bibit-bibit unggul yang akan masuk di Universitas,” ujar Kumaat.

Selama berjalannya kegiatan PK2MB, lanjut Kumaat, merupakan hal yang normatif bagi kami untuk melakukan pengamanan diberbagai sudut Universitas. Hal ini ditujukan untuk menjaga berjalannya kegiatan yang dalam hal ini supaya proses penerimaan materi kepada para maba tidak mengalami gangguan, sehingga mereka bisa lebih paham.

Materi yang akan diberikan kepada para maba dalam pelaksanaan PK2MB Unsrat, merupakan materi yang general/umum dan tidak hanya ditujukan untuk satu bidang fakultas saja, sehingga bisa dikonsumsi oleh semua fakultas yang ada di Unsrat, tutup Kumaat.

Selain itu juga, Juru Bicara Rektor Unsrat, Hesky Stevy Kolibu, S.Pd, S.T, M.T, memberikan keterangan kepada pewarta KomunikaSulut, “Jumlah 5.200an maba tersebut, merupakan data secara keseluruhan yang telah dihitung oleh Unsrat. Sedangkan kalau berdasarkan data para maba yang sudah membayar UKT, jumlahnya barulah 4.809 orang. Walaupun, kedepannya jumlah ini pasti akan akan saling menyesuaikan mengingat batas pembayaran UKT Unsrat berlaku sampai minggu terakhir di bulan Juli 2017,” jelasnya.

Segenap rangkaian kegiatan acara peresmian pembukaan kegiatan PK2MB Unsrat, dimulai dengan Pembukaan Sidang Terbuka Senat Penerimaan Maba dan sambutan beserta pembukaan secara resmi PK2MB, oleh Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Si, DEA. Setelah itu dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Pangdam XIII/ Merdeka, Mayjen Ganip Warsito, dengan materi “Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Dalam Bingkai NKRI.” Lalu Kuliah Umum oleh Kapolda Sulut, Irjen. Pol. Drs. Bambang Waskito, dengan materi “Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Kamtibnas.” Dan diakhiri dengan penutupan Sidang Terbuka Senat Penerimaan Maba Unsrat, pada pukul 12.00 WITA.

Acara berlangsung dengan lancar, kondusif dan sarat akan nilai-nilai nasionalisme, dengan diikuti oleh segenap 5200an maba, panitia PK2MB, seluruh Dekan, seluruh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dari kesebelas fakultas di Unsrat, seluruh Senat Universitas, dan jajaran pimpinan Rektorat Unsrat. Turut hadir juga segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, jajaran Khodam XIII/Merdeka Manado, dan jajaran Polda Sulut.

Kegiatan PK2MB Unsrat akan dilanjutkan di masing-masing sebelas fakultas yang ada di universitas dan seluruh rangkaian kegiatan akan diambil alih oleh panitia PK2MB fakultas, sampai berakhirnya kegiatan pada Jumat (28/7/2017). (rezkykumaat)