PK2MB Fapet Unsrat Resmi Ditutup, Kaunang: Sekalipun Kecil, Tapi Kami Punya Mutu

Suasana penutupan PKMB Fapet Unsrat, di Aula Fakultas, Jumat (28/7/2017).

Manado, KomunikaSulut – Segenap rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) di Unsrat, telah secara resmi ditutup oleh Rektor, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, di Gedung Auditorium Universitas, pada Jumat (28/7/2017). Dengan ini, kegiatan PK2MB tahun ajaran 2017/2018 yang selama empat hari telah serentak digelar di kesebelas fakultas di Universitas, sudah secara sah ditiadakan. Sehingga, kedepannya diharapkan sudah tidak ada lagi unsur-unsur senioritas yang ditekankan kepada para maba.

Berdasarkan jadwal/agenda kegiatan PK2MB Unsrat, kegiatan peresmian penutupan yang secara umum telah dilakukan di Gedung Auditorium Universitas, akan dilanjutkan dengan penutupan secara individual oleh Dekan dari masing-masing kesebelas fakultas. Hal ini pun merupakan langkah preventif Universitas dalam menjaga keamanan di lingkungan kampus pasca selesainya kegiatan PK2MB, sehingga rute arus balik para maba dari Universitas menuju ke kediaman masing-masing bisa dikoordinir secara langsung oleh fakultas yang bersangkutan.

Seperti halnya suasana penutupan PK2MB di Fapet Unsrat, dengan berjumlahkan 212 maba yang ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut, Dekan Fakultas Fapet Unsrat, Dr. Ir. Charles Kaunang, M.S, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan PK2MB di Fapet Unsrat pada tahun ini, sangat-sangat berhasil. Hal ini tidak terlepas dari partisipasi, interaksi, dan respon yang baik antara pihak dosen/staf Fakultas, panitia, dan maba, sehingga pada akhirnya kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

“Pelaksanaan PK2MB tahun ini sangat-sangat berhasil. Hal ini dikarenakan ada terciptanya interaksi yang baik antara kaka-kaka tingkat selaku panitia, pihak staf/dosen Fakultas, dan maba, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Saya juga ingin berterima kasih kepada kalian semua yang telah turut berpartisipasi,” ujar Kaunang.

Sepanjang pelaksanaan PK2MB di Unsrat, lanjut Kaunang, mungkin barulah kali ini di hadiri oleh seorang Mayor Jenderal (Mayjen) TNI, tiga orang Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi, dan seorang Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi, sebagai pemateri berdasarkan tema kegiatan, “Membangun Karakter Mahasiswa Unsrat Yang Unggul Dan Berbudaya.”

Dengan segala materi yang telah mereka berikan, rasanya semuanya itu tidak akan cukup tanpa adanya praktek dan tindakan nyata berdasarkan apa yang telah disampaikan. Hal ini dikarenakan dari segala materi yang telah diberikan, pada intinya kalian kedepannya diharapkan untuk bisa mempertahankan persatuan dan kesatuan yang ada di Fapet Unsrat, di Sulut, dan di Indonesia, sekaligus bisa mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, selama empat hari kalian mengikuti kegiatan PK2MB di Fapet Unsrat, kalian telah memperoleh banyak hal untuk diketahui, seperti halnya tata karma, sopan santun, etika, saling mencintai, saling menghargai, saling menghormati, dan saling menjaga ketertiban. Kalian juga ditempa untuk merubah karakter kalian yang lama menjadi karakter yang baru. Walaupun untuk mencapai hal itu, ada proses yang harus dilalui dan kalian sendiri harus punya kemaunan beserta tekad untuk mencapai itu.

Selama kalian berada di Fapet Unsrat, kami akan berusaha untuk mengembangkan kemampuan kalian, dari yang tidak bisa menjadi lebih mampu. Kalian jangan takut, oleh karena di Fapet Unsrat kami memiliki 60 tenaga pengajar bergelar doktor, ada 10 orang lagi yang sedang mengejar program studi S3, dan ada kisaran 5 sampai 10 orang yang dipersiapkan untuk bergelar profesor. Kedepannya untuk 2 sampai 3 tahun kedepan, Fapet sudah memiliki 80 orang tenaga pengajar bergelar doktor. Makanya jangan pernah berkecil hati dan pesimis jika berada dengan mahasiswa fakultas lain, oleh karena sekalipun Fapet Unsrat kecil, tapi kami punya mutu. Dan kami memiliki tekad untuk mendidik kalian, sampai akhirnya bisa selesai tepat pada waktunya, tandas Kaunang.

Adapun juga, sejumlah maba di Fapet Unsrat turut memberikan kesan dan pesannya selama mengikuti 4 hari pelaksanaan kegiatan PK2MB. Mereka mengungkapkan, ”Kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan PK2MB. Di antaranya adalah bisa lebih mengenal Fakultas dan peralatan, bisa bersosialisasi dengan teman-teman yang ada disini, bisa mengenal satu sama lain, dan bisa lebih mencintai bangsa kita RI,” ujar para maba.

Lingkungan disini sangat berbeda dengan lingkungan tempat kami berasal, lanjut para maba, disini lingkunganya lebih besar dan lebih mendidik untuk bisa menjadi lebih dewasa, seperti halnya membuat kami lebih tepat waktu dan membentuk cara belajar kita. Oleh karenanya kami percaya, jika segala hal yang kita dapat selama PK2MB bisa kita tanamkan dengan baik di dalam diri kita masing-masing, mulai hari ini sampai 4 tahun selanjutnya, pastilah hal itu bisa menjadi motivasi dan bekal kita kedepannya.

Kami ingin berterima kasih kepada para kaka-kaka senior dan bapak dosen Pembina. Kami juga ingin meminta maaf jika ada kesalahan-kesalahan yang kami perbuat selama ini, baik dari kata-kata dan tingkah laku kami. Mudah-mudahan kedepannya kami bisa jadi lebih baik lagi dan bisa saling mengenal satu sama lain, tutup para maba.

Fapet Unsrat yang merupakan salah satu dari kesebelas fakultas yang ada di Unsrat, kedepannya akan segera membuka program studi S2 dan S3, setelah akhirnya mendapat persetujuan dari pusat. Hal ini pun diharapkan bisa membuat 212 maba Fapet Unsrat yang kini telah resmi bergabung menjadi keluarga besar Universitas “Si Tou Timou Tumou Tou” tersebut, bisa lebih termotivasi untuk berkontribusi dan memberikan yang terbaik bagi Fakultas maupun di ruang lingkup Universitas.

Dengan demikian segenap rangkaian kegiatan penutupan PK2MB Fapet Unsrat, berlangsung dengan apik dan kondusif di Aula Fakultas, sampai berakhirnya pada pukul 05.30 WITA, sesuai dengan jadwal agenda kegiatan PK2MB Unsrat tahun ajaran 2017/2018.(rezkykumaat)