Lumentut: Manado Segera Miliki Kapal Penyedot Sampah

Wali Kota Manado, Vicky Lumentut.

Manado, 4/8 (Komunikasulut.com) – Wali kota Manado, Vicky Lumentut, mengatakan segera memilki kapal penyedot sampah dari laut, yang merusak laut.

“Kapal tersebut akan beroperasi di Bunaken, lalu di utara Manado sampai Jembatan Soekarno, lalu bagian Selatan sampai ke Malalayang dan satunya di sungai Tondano,” kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut.

Dia mengatakan, kapal itu, akan bekerja menyedot sampah dari laut, dan sungai sehingga bisa mengurangi pekerjaan membersihkan laut dan sungai, tidak perlu lagi ada gerakan sapu-sapu laut.

“Untuk pengadaan kapal penyedot sampah tersebut, pemerintah akan memasukan anggaran pada induk APBD 2018 nanti, jadi langsung beroperasi di laut, begitu selesai pengadaan,” katanya.

Khusus yang di Bunaken, kata Lumentut, menjadi prioritas, supaya bisa digunakan membersihkan taman laut Bunaken sebab merupakan tempat wisata unggulan Manado dan Sulawesi Utara.

Sedangkan untuk yang akan beroperasi di Sungai Tondano, akan menunggu selesainya pembangunan tanggul kiri dan kanan yang sedang dibangun, karena nantinya sungai juga akan dikeruk, sehingga kapal bisa masuk sampai jauh mengikuti sungai tersebut.(dims)