Pemprov Sulut Sanjung Pengukuhan 1.314 Wisudawan Unsrat

Suasana Upacara Wisuda Unsrat Periode 1 Tahun Akademik 2017/2018 di Gedung Auditorium Unsrat, Kamis (24/8/2017). Sebanyak 1.314 orang wisudawan dikukuhkan Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA. (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut – Pengukuhan 1.314 orang wisudawan oleh Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, di Gedung Auditorium Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Kamis (24/8/2017), disanjung oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E.

Dalam sambutan Gubernur Sulut di Upacara Wisuda Unsrat Periode 1 Tahun Akademik 2017/2018 yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut, Asiano Gemmy Kawatu, S.E, M.Si, mengungkapkan, peran wisudawan sangat penting sebagai komunitas masyarakat cerdas dan tumpuan keberlangsungan kader-kader sumber daya manusia yang mampu membawa kemajuan serta keberhasilan daerah. Karena itu, momentum wisuda ini menjadi bukti ekistensi Unsrat sebagai lembaga pendidikan terandalkan di Sulut.

“Sumber daya manusia yang kapabel, kompeten, berdaya saing tinggi, dan mampu menjawab kebutuhan perkembangan zaman merupakan sebuah unsur katalisator pembangun daerah, bangsa, dan negara. Sehingga, peran dari wisudawan sebagai komunitas masyarakat cerdas (Community excellent) menjadi sangat penting sebagai tumpuan bagi keberlangsungan kader-kader sumber daya manusia yang diharapkan mampu membawa kemajuan dan keberhasilan di daerah yang kita cintai ini,” tuturnya.

“Patut disyukuri dan menjadi kebanggaan kita bersama bahwa momentum wisuda ini merupakan bukti eksistensi dari Unsrat sebagai lembaga pendidikan terandalkan di Sulut. Karena itu, saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati,” tambahnya.

Selain itu, Prof. Kumaat mengharapkan para sarjanawan bisa mengabdikan ilmu yang telah mereka dapat di perguruan tinggi kepada masyarakat luas.

“Biarlah semua prestasi yang telah dicapai dapat dipersembahkan kembali bagi masyarakat luas, terutama mereka yang masih membutuhkan berbagai pemberdayaan untuk hidup mandiri dan sejahtera lahir batin,” ujarnya.

“Guna memberdayakan masyarakat, tentu para lulusan harus mampu membuktikan diri untuk mandiri, terlebih di era kompetitif yang mengharuskan seorang sarjana dapat menguatkan bahkan menciptakan lapangan kerja. Semakin tinggi kualifikasi akademik yang dicapai maka semakin tinggi pula pengabdian bagi bangsa dan tanah air. Bangsa kita terus membutuhkan para cendekiawan yang andal, berkarakter luhur, serta bertanggung jawab,” tutupnya.

Berdasarkan Laporan Upacara Wisuda Unsrat Periode 1 Tahun Akademik 2017/2018 oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. dr. Jimmy Posangi, M.Sc, Ph.D, Sp.F.K, sampai saat ini, Unsrat telah mengukuhkan 81.699 orang wisudawan, terdiri dari berbagai program studi, strata pendidikan, pendidikan profesi beserta spesialis, dari kesebelas fakultas yang ada di Unsrat. (RE)