Pers Mahasiswa Acta Diurna Matangkan Kader Dengan PJTD

Foto bersama 22 kandidat BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat dan seluruh panitia PJTD yang berjumlah 25 orang. (fto:ist)

Minahasa Utara, KomunikaSulut – Dalam rangka mempersiapkan kader baru yang berkualitas, Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Pers Mahasiswa Acta Diurna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalstik Tingkat Dasar (PJTD) di Water Gold, Kec. Talawaan, Kab. Minahasa Utara, Sabtu (7/10/2017) sampai Minggu (8/10/2017).

Kepada KomunikaSulut, Pimpinan Umum Bkm Persma Acta Diurna Fispol Unsrat, Baladewa Setlight, mengatakan, tujuan utama pelaksanaan PJTD untuk mematangkan kader Pers Mahasiswa. Sehingga, kedepannya mereka memiliki kualitas, daya saing, dan bisa bekerja sesuai koridor kode etik jurnalistik dalam bentuk kerja tim.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan kader muda yang berkualitas, mempunyai daya saing, serta dapat bekerja sesuai koridor kode etik jurnalistik, dengan membentuk tim work diantara mereka. Kegiatan ini juga mengajarkan kepada kader muda bahwa bekerja dimedia tidaklah gampang,” ungkap Baladewa.

“Kiranya kegiatan ini bisa memberi pengetahuan untuk mengerti dan bekerja sesuai kode etik jurnalistik. Sehingga, kegiatan yang berlangsung selama dua hari bisa membuat dasar yang kuat kepada para kader muda terhadap panitia,” tambahnya.

Kegiatan berlangsung edukatif dan sarat akan nilai kekeluargaan, dengan diikuti 22 orang kandidat BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat dan 25 orang panitia.

Rangkaian kegiatan PJTD BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat adalah sebagai berikut:

  • Acara pembukaan oleh Wakil Ketua BEM Fispol Unsrat, Chechen Kawengian;
  • Materi Dasar-Dasar Jurnalistik oleh Dosen Fispol Unsrat sekaligus Pembina BKM Persma Acta Diurna, Jhonny Senduk, M.Si;
  • Materi Dunia Pers Sulut oleh Direktur Manado Post, Marlon Sumaraw;
  • Materi Mekanisme Pencarian Berita, Tata Bahasa Indonesia, dan Bahasa Jurnalistik oleh Komisaris Utama PT. Komunika Sulut Media, Dr. Melky Kumaat, M.Si;
  • Materi Pengantar Organisasi oleh Pimpinan Umum BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat, Baladewa Setlight;
  • Simulasi Pencarian Berita;
  • Sesi post to post sebagai evaluasi seluruh materi kegiatan;
  • Sesi kebersamaan;
  • Acara penutupan oleh Pemimpin Redaksi BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat, Rezky Kumaat;
  • Kembali ke Fispol Unsrat;

Terhitung mulai Senin (10/10/2017), para kandidat yang telah melalui sesi PJTD akan masuk pada sesi magang selama 1 bulan, sampai pada minggu kedua bulan November 2017. Setelah itu, kandidat yang bertahan mengikuti seluruh sesi kegiatan akan resmi dilantik dan menjadi anggota biasa BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat. (RE)