Artha Graha Datangi LAKI dan Masyarakat Jelaskan Soal KUR

Poigar 12/10 (Komunikasulut.com) – Akhirnya PT Bank Artha Graha (BAG), mendatangi kantor LAKI Sulawesi Utara dan menemui masyarakat yang merupakan debitur KUR di bank tersebut, didampingi ketua Anti Korupsi Indonesia (LAKI), di Desa Poigar, Bolaang Mongondow, Firdaus Mokodompit, Rabu malan.

“Mereka mengklarifikasi sekaligus menceritakan sistem dana kredit usaha rakyat (KUR), sesuai dengan mekanisme bank tersebut, kepada LAKI sebagai pendamping warga sebagai debitur bank tersebut serta warga sejumlah desa,” kata Firdaus.

Kedatangan pihak Bank AG disambut baik oleh LAKI serta warga yang sudah memulai proses verifikasi di bank tersebut, karena diberikan penjelasan mengenai hal tersebut, dan Ketua LAKI Sulut, Firdaus Mokodompit, mengatakan, warga pun akhirnya memahami bagaimana prosesnya, demikian pula lembaga tersebut, sehingga bagaimana penyaluran dana dapat dimengerti dengan benar.

Mendengarkan penjelasan tersebut, dia mengatakan semua pihak lega. Karena itu dia mengatakan, seharusnya sosialisasi seperti ini dilakukan kepada warga selaku calon debitur dana KUR, sehingga tidak terjadi simpang siur informasi.

“Kami sangat lega karena apa yang telah dijelaskan oleh pihak Artha Graha terkait dengan penyaluran dana KUR ini, sebab sebelumnya memang tidak ada sosialisasi, sehingga muncul kesimpangsiuran soal dana Rp25 juta yang dimaksud,” kata ketua LAKI, termasuk tentang pemotongan Rp1 juta miliar.

Warga akhirnya paham, Karena penjelasannya sangat terang beneran, termasuk pemotongan yang dimaksud senilai Rp1 juta Rupiah ternyata tidak diperbolehkan.

Meskipun begitu, dia tetap menyayangkan oknum agen yang melakukan pemotongan tersebut dan meminta agar pihak artha graha untuk memberikan sanksi serta meminta agar menyelesaikan persoalan tersebut.

Firdaus berjanji akan mengawal penyaluran dana KUR ini termasuk memberikan dukungan kepada pihak AG dengan melakukan pengawasan serta merekomendasikan para calon debitur yang pantas untuk mendapatkan Dana KUR tersebut.

Firdaus juga sangat berterima kasih kepada pihak AG yang berjanji secepatnya akan menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh para debitur setelah mendengarkan penjelasan pada pertemuan yang dilakukan di Sekretariat LAKI Sulut.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak AG yang beritikad baik dalam menyelesaikan persoalan ini dan berjanji dalam minggu ini akan terselesaikan dengan baik,” ujar Firdaus.

Menjawab pemberitaan media terkait dengan penyaluran Dana KUR dari Artha Graha, dia minta media untuk melakukan konfirmasi kepadanya sebagai Ketua LAKI Sulut, selaku lembaga yang mendampingi para debitu, karena menurutnya proses penyelesaian sementara dilakukan, dan meminta agar dalam hal pemberitaan supaya ada konfirmasi ke LAKI, agar tidak terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi ke Publik. (Dims)