Kunjungan BUMN di Unsrat, Edukasi Mahasiswa Soal Pembangunan Ekonomi Nasional

Dirut Asuransi Jasindo, Solihah, saat memberikan materi kepada ribuan peserta mahasiswa di Auditorium Unsrat, Sabtu (28/10/2017).

Manado, KomunikaSulut – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serentak mengunjungi 28 perguruan tinggi seluruh tanah air, Sabtu (20/10/2017). Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) turut berkesempatan mendapat kunjungan tersebut. Berlangsung di Auditorium Unsrat, kegiatan yang bertemakan “Membangun Ekonomi Berkeadilan” tersebut, dirangkaikan dengan kuliah umum, diskusi ilmiah, dan kuis interaktif berhadiah doorprize bernilai jutaan rupiah bagi mahasiswa yang hadir.

Seminar dimaterikan oleh Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara, Daisuki Amsir dan Direktur Utama Asuransi Jasindo, Solihah.

Kepada KomunikaSulut, Dirut Holding Perkebunan Nusantara, Daisuki Amsir, bangga bisa hadir dan berkontribusi kepada mahasiswa Unsrat dalam kegiatan kali ini. Amsir mengharapkan mahasiswa Unsrat kedepannya bisa menjadi penerus dan pengabdi kepada negara. Namun, untuk menggapai hal itu dibutuhkan semangat belajar dan kedisiplinan.

“Saya sangat bangga hadir di tengah-tengah mahasiswa Unsrat untuk sharring mengenai peran dan kontribusi BUMN kepada masyarakat. Apalagi, kelak mahasiswa akan menggantikan kita sebagai generasi penerus bangsa. Mahasiswa Unsrat juga harus peduli terhadap Indonesia dan mengabdi terhadap negara. Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya, jangan pernah bosan untuk belajar, dan isi waktu anda secara baik serta bijak,” paparnya.

“Kiranya kehadiran BUMN di kampus-kampus seluruh tanah air bisa mensinergikan antara berbagai perguruan tinggi yang memiliki resource sumber daya manusia profesional,” tambahnya.

Selain itu, Dirut Asuransi Jasindo, Solihah, mengatakan peran BUMN dalam membangun negeri telah dirasakan oleh masyarakat secara nyata dan program –program pembangunan nasional akan terus digenjot dalam rangka mencapai kesejeteraan rakyat. Kunjungan BUMN serentak di kampus seluruh Indonesia ditujukan untuk mengedukasi mahasiswa perihal kebangsaan dan pembangunan ekonomi nasional, sehingga diharapkan peran mahasiswa bisa memberikan kontribusi positif terhadap bangsa.

“Peranan BUMN sebagai agen pembangunan berbagai bentuk produk dan jasa yang telah dinikmati secara luas oleh masyarakat. BUMN menjadi penggerak dan pilar pemerintah untuk menjalankan program-program prioritas pembangunan nasional dengan ultimate goal meningkatkan kesejahteraan rakyat, seperti halnya tol laut, infrastruktur, ketahanan, pangan, dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Dalam peningkatan literasi keuangan masyarakat dan akses permodalan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah, lanjut Solihah, perbankan BUMN melakukan perluasan usaha sampai ke pelosok negeri. Hal ini bisa dilihat dalam masyarakat Indonesia Timur kini dapat menikmati harga BBM yang sama dengan masyarakat di Indonesia bagian Barat dan dapat menikmati harga semen yang terjangkau serta merasakan infrastruktur darat, laut, dan udara.

Pasokan dan distribusi beras dilakukan secara continue oleh BUMN untuk membantu pemerintah menjaga kestabilan harga. Hal ini tidak terlepas dari peran BUMN sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk mencapai sasaran strategis nasional.

Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang bertugas menjaga NKRI, sehingga sudah selayaknya kepada mereka diberikan pemahaman-pemahaman terkait kebangsaan dan pembangunan ekonomi nasional. Mahasiswa harus dapat memberikan nilai-nilai kontribusi positif bagi kalangan mahasiswa pada umumnya dan khususnya bagi bangsa ini, tandas Solihah.

Rangkaian kegiatan BUMN di Unsrat adalah sebagai berikut:

  • Ikrar Sumpah Pemuda;
  • Sambutan dan pembukaan kegiatan oleh Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc;
  • Quiz;
  • Pertukaran cendra mata;
  • Sesi foto bersama;
  • Surat terbuka Menteri BUMN, Rini Mariani Soemarno, kepada seluruh mahasiswa Indonesia;
  • Materi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsrat, Dr. Herman Karamoy, S.E, M.Si, Ak, C.A;
  • Materi oleh Dirut Asuransi Jasindo, Solihah;
  • Materi oleh Dirut Holding Perkebunan Nusantara, Daisuki Amsir;
  • Penyerahan sertifikat dari BUMN kepada Rektor Unsrat, BEM Unsrat, dan Dekan FEB Unsrat;
  • Doorprize;

Berbagai doorprize yang disediakan panitia untuk dibagikan kepada para mahasiswa dalam kegiatan ini, yaitu laptop, smartphone, flashdisk 500 GB, voucher belanja, dan lain-lain.

Kegiatan BUMN di Unsrat dihadiri ribuan civitas akademika Unsrat, terdiri dari delegasi mahasiswa kesebelas fakultas, dosen-dosen/staf, pimpinan fakultas, dan pimpinan rektorat. (RE)