Alot Pembahasan Ranperda RTRW oleh DPRD- Pemkot Manado

(LIPUTAN KHUSUS)

Manado, 30/10 (Komunikasukut.com) – Pembahasan Revisi Ranperda RTRW Manado, berlangsung alot dan panas, dipimpin ketuanya Hengky Kawalo, SE, Senin.

Wakil Ketua Pansus, Stenly Tamo, bersama anggota Sonny Lela, Benny Parasan, Wahid Ibrahim dan Vanny Mantali memberikan berbagai masukan untuk naskah Ranperda tersebut.

“Anggota Pansus minta pemerintah menjelaskan secara rinci pasal demi pasal dalam usulan Raperda RTRW yang baru,” kata Ketua Pansus, Hengky Kawalo, di Manado.

Stenly Tamo, mengingatkan pemerintah agar pasal tentang ruang terbuka hijau (RTH) diperjelas, sebab para RTRW sebelumnya dijelaskan secara mendetail, namun pada yang baru jadi singkat, dan bertanya apakah dijelaskan secara detil di pasal yang lain atau dihapus.

Anggota Pansus Sonny Lela, mempertanyakan, bagaimana pengembangan kota kedepan, sebab salah satu pasal dinilai kurang berimbang, karena utara pun harus mendapatkan perhatian penuh, dan minta agar masukanya dicatat.

Hal yang sama disampaikan oleh anggota Pansus Wahid Ibrahim, yang menuntut supaya bagian utara diperhatikan, jangan sampai didisktriminasi bahkan oleh RTRW karena selama ini sudah terjadi.

Kepala Dinas PUPR Manado, bart Assa, mengatakan, detil penjelasan RTH ada di pasal lainnya dan lebih panjang, dan akan diperharui jika memang sesuai dengan ketentuan.

Dia mengatakan, masukan yang disampaikan para legislator dicatat dan menjadi bahan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan perumusan RTRW tersebut. (Dims)