Unsrat Peringati Hari Pahlawan

Upacara bendera di lapangan sepak bola Unsrat dalam rangka memperingati Hari Pahlawan (Jumat (10/11/2017)). (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada Jumat (10/11/2017). Upacara berlangsung di lapangan sepak bola Unsrat dan dihadiri segenap civitas akademika dari kesebelas fakultas Unsrat.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, membacakan sambutan dari Menteri Sosial Indonesia, Dra. Khofifah Indar Parawansa. Dalam sambutan tersebut, peserta upacara dihimbau untuk tidak melupakan jasa pahlawan terdahulu yang telah berkorban dan berhasil meraih kemerdekaan RI. Oleh karena itu, kedepannya kita harus terus berjuang untuk mempertahakan kemerdekaan RI melalui kerja keras dan karya-karya yang bisa mengharumkan nama Indonesia.

“Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita, bahwa setelah kemerdekaan diraih masih ada tahapan selanjutnya yang harus kita capai. Kita harus bersatu terlebih dahulu sebelum mencapai kedaulatan, keadilan, dan kemakmuran. Oleh karena itu, maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”,” ujarnya.

Bung Karno pernah menegaskan, lanjut Prof. Kumaat, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni: “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.”

Pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, dan berkarya untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, tutup Prof. Kumaat.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan RI di Unsrat berlangsung hikmat. Dihadiri seluruh pimpinan rektorat, pimpinan fakultas, staf, dosen, dan mahasiswa delegasi dari kesebelas fakultas di Unsrat. (RE)