Prof Kumaat Harapkan 907 Wisudawan Unsrat Jadi SDM Berkompeten

Sebanyak 907 orang sarjanawan Unsrat Periode ll TA 2017/2018 dikukuhkan di Auditorium Unsrat, Kamis (16/11/2017). (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengukuhkan 907 wisudawan Periode ll Tahun Akademik (TA) 2017/2018 di Auditorium Unsrat, Kamis (16/11/2017). Para wisudawan terdiri dari Program Sarjana, Profesi, Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 (PPDSp1), Magister, dan Doktor.

Dalam sambutan Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, beliau mengharapkan para sarjanawan muda bisa menjadi sumber daya manusia yang kompeten, berkarakter luhur, inovatif, kreatif, dan berpikir out of the box.

“Wisuda adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban perguruan tinggi dalam mendidik anak bangsa untuk menjadi sumber daya manusia yang kompeten serta berkarakter luhur. Di era Tecnopreneurship serta ekonomi kreatif sekarang ini, kepekaan inovatif sangat dibutuhkan guna menciptakan lapangan-lapangan kerja yang baru,” kata Prof. Kumaat.

“Lapangan kerja tercipta melalui daya kreasi serta daya cipta individu yang bersedia berpikir outside the box. Kiranya para wisudawan juga bisa seperti itu dan semoga semangat juang yang telah berbuah manis saat ini, akan terus mewarnai langkah wisudawan kedepan. Mereka harus selalu tangguh untuk berupaya dan tidak mudah menyerah,” tambahnya.

Selain itu, sambutan Gubernur Sulut diwakili oleh Staf Ahli Sumber Daya Manusia (SDM), Dra. Lynda Watania, M.M, M.Si.

“Kita harus berbangga karena saat ini segenap civitas akademika Universitas Sam Ratulangi telah berupaya menjawab tantangan yang ada dengan mencetak manusia-manusia unggul. Oleh karena itu, Gubernur mengingatkan kepada wisudawan dan wisudawati agar tidak berpuas diri dengan prestasi yang diraih saat ini. Tapi justru menjadikan prestasi saat ini sebagai pemicu bagi pengembangam diri kedepan dan jadikanlah proses belajar itu sebagai the way of life,” jelasnya.

Berdasarkan Surat Laporan Pelaksanaan Upacara Wisuda Unsrat Periode ll TA 2017/2018, para sarjanawan berjumlah 907 orang. Terdiri dari 770 orang Program Sarjana, 59 orang Program Profesi, 53 orang Program Magister, 23 orang PPDSp1, dan 2 orang Program Doktor. Dengan demikian, total keseluruhan sarjanawan Unsrat yang telah dikukuhkan sampai saat ini berjumlah 82.620 orang. (RE)