Dubes RI tuk Singapura Jadi Pemateri di FGD Unsrat

Foto bersama antara Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Prof. Dr. Telly Sumbu, S.H, M.H (Baju Merah), Rektor Unsrat, Prof.Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA (Baju Putih), Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut, Drs. John Palandung, M.Si (Baju Dinas ASN), dan Dubes RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya (Baju Merah/Biru), dalam FGD di Fakultas Hukum Unsrat, Senin (20/11/2017). (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut – Duta Besar RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya, mengunjungi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Senin (20/11/2017). Kedatangan beliau untuk merayakan 50 tahun kerja sama bilateral antara Singapura dan Indonesia, sekaligus menjadi pemateri dalam Focus Group Discussion (FGDbertemakan Dinamika 50 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia dan Singapura; Menggalang Kebersamaan yang Saling Menguntungkan. Kegiatan bertempat di Aula Fakultas Hukum Unsrat.

Dalam sambutan Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, beliau mengharapkan perayaan 50 tahun jalinan kerja sama Singapura dan Indonesia bisa terus memberikan dampak yang baik di antara kedua negara.

“Tahun 2017 merupakan tahun yang istimewa di mana Indonesia dan Singapura merayakan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik yang relatif stabil. Perayaan 50 tahun ini juga untuk merayakan berdirinya ASEAN di mana kedua negara menjadi anggota di dalamnya. Sebutan Rising 50 Indonesia dan Singapura sesungguhnya membawa makna kemitraaan dalam bidang ekonomi, keamanan, dan sosial budaya,” ucap Prof. Kumaat.

“Dewasa ini, kerjasama bukan lagi menjadi opsi belaka. But, it is now a must in order to be competitive. Apalagi jika membawa keuntungan timbal balik bagi kedua negara, khususnya bagi rakyat Indonesia dan Singapura. Semoga Focus Group Discussion ini akan membuahkan gagasan dan rumusan yang realistik, paling tidak untuk wilayah timur Indonesia di mana jaringan dan kolaborasi akan semakin diperkuat,” tambahnya.

Selain itu, mewakili sambutan Gubernur Sulut, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut, Drs. John Palandung, M.Si, mengharapkan pelaksanaan kegiatan FGD di Unsrat semakin mempererat kerja sama bilateral Indonesia dan Singapura dalam berbagai bidang

“Dengan adanya kegiatan ini, kiranya kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Singapura akan semakin erat dan terus terjaga secara utuh, sehingga senantiasa menghadirkan simbol-simbol bermanfaat bagi kedua belah pihak baik dalam bidang sosial ekonomi, politik maupun dalam bidang-bidang yang lain. Semoga kedepannya akan semakin memampukan kita dalam membangun peradaban bangsa ke arah yang semakin maju di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Duta Besar RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya, memberikan materi tentang Dinamika 50 Tahun Indonesia-Singapura; Menggalang Kebersamaan yang Saling Menguntungkan. FGD dihadiri para pimpinan rektorat, staf/dosen Fakultas Hukum, delegasi mahasiswa dari sebelas fakultas Unsrat, dan delegasi Pemerintah Provinsi Sulut. (RE)