Komisi D dan Dinsos Manado sepakati Anggaran 24 Kube 2018

Manado, (Komunikasulut.com) – Komisi D DPRD Manado bersama Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Manado sepakati anggaran untuk 24 KUBE untuk 2018.

“Dana itu diberikan bag KUBE yang mengajukan proposal ke dinas sosial,” kata Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Manado, Saamy Kaawoan, dalam pembahasan RAPBD Manado 2018, dipimpin Sekretaris Komisi, Sonny Lela, S.Sos, di Manado.

Dia mengatakan, untuk setiap kelompok menerima masing-masing Rp30juta, dengan anggota kelompok sebanyak 10 orang dimana tiap anggota mendapatkan bantuan kira-kira Rp3 juta, dalam bentuk barang.

Bantuan tersebut, katanya disesuaikan dengan jenis usaha yang dilakoni kelompok, misalnya usaha ketering maka bantuan diberikan untuk keperluan itu, kemudian jika bengkel maka diberikan alat-alat tersebut.

Ketua Komisi D, Ade Saerang, mengatakan, bantuan bagi KUBE tersebut, adalah hal yang positif karena mendorong perkembangan usaha kecil dan rumahan, sayangnya penerimanya belum banyak.

Sekretaris Komisi D, Sonny Lela, mendesak agar dana untuk Dinsos ditambah karena banyak program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di perangkat daerah itu.

“Bukan soal anggarannya, tetapi karena ini program kemasyarakatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Manado, maka perlu dipertimbangkan lagi anggarannya,” katanya.

Demikian juga dengan personel komisi D Markho Tampi, yang mendesak agar anggaran d itambah, karena berpandangan sebagian besar program langsung bersentuhan dengan masyarakat, maka anggarannya harus ditambah. (dims)