15 Kabupaten/Kota se-Sulut Berkompetisi di Pesparawi

Suasana pembukaan Pesparawi antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut di Lapangan Koni Sario, Senin (27/11/2017).

Manado, KomunikaSulut – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E, membuka secara resmi Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut di Lapangan Koni Sario, Senin (27/11/2017). Kegiatan diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Sulut, bekerja sama dengan Pemprov Sulut, dan Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulut.

Dalam sambutan Gubernur Sulut, beliau menganggap kegiatan ini bukanlah ajang untuk saling menjatuhkan. Sebaliknya, kompetisi ini sebagai sebuah kesempatan untuk mempersembahkan bakat-bakat paduan suara yang dimiliki daerah masing-masing.

“Kegiatan ini bukanlah kompetisi untuk saling menjatuhkan, tetapi sebagai wadah dan kesempatan untuk menunjukan kualitas dan prestasi. Kegiatan ini sekaligus menjadi tempat saling tukar-menukar pengetahuan dan pengalaman,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, lanjut Olly, kiranya bisa terus memupuk tali persaudaraan dan meningkatkan mutu paduan suara yang ada di Sulut serta bisa menjadi sarana hiburan dan menjadi daya tarik daerah.

Saya mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk senantiasa menjaga harmoni sosial, menjaga stabilitas keamanan, memelihara kerukunan, dan senantiasa mendukung  berbagai kebijakan serta program pemerintah di lintas sektor, pungkas Olly.

Berdasarkan data yang dihimpun KomunikaSulut, kompetisi akan diikuti kontingen-kontingen dari delegasi 15 Kabupaten/Kota di Sulut dan terdapat 11 kategori yang dikompetisikan dalam perhelatan ini. Diantaranya adalah Koor Campuran, Koor Pria, Koor Wanita, Koor Pemuda, Koor Anak, Vokal Grup, Musik Pop Gerejawi, Solo Remaja/Pemuda Putra, Solo Remaja/Pemuda Putri, Solo Anak 7-9 tahun, dan Solo Anak 10-13 tahun. Masing-masing kategori dijurikan oleh 5 orang, dengan total juri sebanyak 55 orang.

Setelah resmi dibuka, kompetisi akan berlangsung pada Selasa (28/11/2017) sampai Rabu (29/11/2017), dimulai pukul 09.00 WITA. Kategori Vokal Grup serta Koor Anak akan dilombakan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, dan 9 kategori lainnya akan digelar di Gedung Graha Gubernuran Sulut.

Hadiah yang dipersiapkan panitia bagi pemenang dimasing-masing kategori, yaitu Juara 1 mendapatkan uang tunai Rp 12,5 Juta dan trophy, Juara 2 mendapatkan uang tunai Rp 7,5 Juta dan trophy, serta Juara 3 mendapatkan uang tunai Rp 5 Juta dan trophy.

Pembukaan kegiatan Pesparawi antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut dirangkaikan dengan ibadah dan seremonial pelepasan balon keudara. Acara pembukaan pun berlangsung majemuk dengan adanya penampilan Ibu-Ibu dari Kakanwil Sulut yang membawakan lagu kasidah. (RE)