Olly Semarakan Perayaan Natal Diaspora Kawanua 2017 di Amerika

Gubernur Sulut, Olly Dondokambery, S.E, saat mengikuti Perayaan Natal Diaspora Kawanua 2017 di New Jersey, Amerika Serikat, Minggu (17/12/2017). (fto:ist)

New Jersey, KomunikaSulut – Perayaan Natal Diaspora Kawanua 2017 di New Jersey, Amerika Serikat, dihadiri secara langsung oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E,  dan jajaran Pemprov serta DPRD Sulut, Minggu (17/12/2017). Kedatangan tersebut untuk memenuhi undangan Maesa Amerika yang telah disampaikan sejak tanggal 10 Februari 2017.

Perayaan dirangkaikan dengan sesi tanya jawab antara sejumlah warga Kawanua Diaspora kepada Olly sendiri. Beberapa pertanyaan yang diajukan, diantaranya mulai dari kesan terhadap perayaan natal tersebut, peran perempuan dalam keluarga serta masyarakat, dan kontribusi warga kawanua terhadap pembangunan Sulut.

Olly pun menjawab segala pertanyaan tersebut dengan jelas dan secara gamblang.

“Saya sangat terkesan dengan perayaan natal ini. Jagalah terus kerukunan dan persaudaraan yang sudah terjalin baik selama ini,” katanya.

Selanjutnya, mengenai pertanyaan tentang peranan perempuan dalam keluarga dan di tengah-tengah masyarakat, Olly menyatakan kedudukan perempuan dan pria adalah sama.

Bahkan di Sulut partisipasi perempuan dalam penyelenggaraan pemerintah cukup tinggi. Meskipun demikian, pencapaian itu masih perlu dipacu untuk senantiasa mendorong pembangunan yang responsif gender.

“Ada enam perempuan yang menjadi kepala atau wakil kepala daerah di Sulawesi Utara,” lugasnya.

Lalu terkait pertanyaan tentang kontribusi warga kawanua terhadap pembangunan Sulut, Olly menerangkan tentang besarnya peluang bisnis dan investasi di sektor pariwisata Sulut yang saat ini semakin meningkat.

“Sebagai informasi, pertumbuhan penumpang internasional dari Januari hingga November 2017 di Bandara Sam Ratulangi Manado tercatat tumbuh 73% dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya, atau berjumlah 152.143 penumpang. Sedangkan keseluruhan penumpang baik domestik maupun internasional yang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado meningkat 3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau sejumlah 2.456.367 penumpang,” paparnya.

“Peluang bisnis dan investasi di Sulawesi Utara semakin terbuka lebar terlebih sektor pariwisata yang ditandai dengan dibukanya penerbangan langsung ke beberapa kota besar di Tiongkok,” tambahnya.

Selain itu, Olly juga menyisipkan beberapa pesan dan harapan terhadap warga kawanua di Amerika. Dirinya mengharapkan dukungan dari kawanua maesa untuk membantu mempromosikan Sulawesi Utara termasuk memasarkan produk-produknya di dunia internasional.

“Saya ajak warga kawanua di Amerika dapat bekerja sama membantu memasarkan Sulawesi Utara di dunia internasional. Marilah kita semua selalu bergandengan tangan dan menghindari niat untuk menceritakan hal-hal yang kurang baik tentang Sulawesi Utara,” himbaunya.

Segenap jajaran Pemprov dan DPRD Sulut yang turut hadir dalam perayaan natal tersebut, diantaranya adalah Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw bersama istri, Sekdaprov Sulut, Edwin Silangen, S.E, M.S, Ketua Dharma Wanita Persatuan Sulut, Ivonne B. Silangen-Lombok, Anggota DPRD Rocky Wowor bersama istri, dan Kepala Biro Umum yang juga Plt. Kepala Biro PKKP, Clay June Dondokambey, S.STP, MAP.

Perayaan Natal Diaspora Kawanua 2017 di New Jersey, turut didukung oleh K3 Tonsea, Pakasaan Tombulu, Rukun Tondano, KKL Langowan, Rukun KLW, Rukun Sumonder, Rukun Kawangkoan, Rukun Mapalus, dan Rukun Matuari. (RE)