Bara Hasibuan dan BPPT Terapkan Teknologi Pertanian di Rurukan

Tomohon, 19/12/2017 (komunikasulut.com)- Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian di Kota Tomohon khususnya di Kelurahan Rurukan Satu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan Bara Hasibuan Anggota DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Utara, mengadakan penerapan teknologi khusunya dalam perbanyakan benih kentang secara ex vitro.

Dihadapan peserta pelatihan di Balai Kelurahan Rurukan Satu Kecamatan Tomohon Timur, Selasa.

Bara mengatakan, penerapan teknologi ini sebagai komitmennya sebagai wakil rakyat Sulawesi Utara untuk terus mencari peluang dengan mitra kerja di pusat untuk pembangunan di Sulawesi Utara.

“Kali ini saya mengajak BPPT untuk mengedepankan teknologi dalam produksi pertanian khusunya komoditi kentang,” ujar Bara.

Kepala Balai Bioteknologi BPPT Dr Agung Eru Wibowo, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya mendekatkan teknologi terutama teknologi pertanian di sentra – sentra pertanian.

“Untuk teknologi yang kami bawah kali ini adalah teknologi bagaimana caranya memperbanyak benih kentang secara lebih praktis,” kata Agung.

Agung menambahkan, dengan potensi Kelurahan Rurukan Satu cukup besar untuk pengembangan budidaya kentang.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 petani dan beberapa instansi terkait.

Pada kesempatan tersebut BPPT selain memberikan pelatihan teknis dan praktek, juga memberikan bantuan paket benih kentang beserta formula dan pupuk hayati kepada seluruh peserta yang hadir.

“BPPT didukung oleh Komisi VII DPR RI, terus berkomitmen melakukan inovasi dan layanan teknologi untuk masyarakat, salah satunya melalui diseminasi teknologi perbanyakan benih secara ex vitor untuk pembuatan benih tanaman yang cepat, mudah dan murah,” kata Agung.

Melalui kegiatan ini, Bara Hasibuan mengharapkan teknologi ini diterapkan secara berkelanjutan oleh petani yang dimulai dari dari Kelurahan Rurukan Satu ini ke seluruh petani yang ada di Sulawesi Utara.(Dims)